Bumi grows so fast!

and so does Langit…

Prenatal Yoga + Senam hamil + Pilates + Hypnobirthing = FIT

Hai Ade,

Bubun lagi seneng nih. Ada beberapa hadiah kecil dari Tuhan di trimester ketiga ini buat Bubun:

  1. Berat badan Bubun nggak naik lagi, malah sempat turun sekilo. Tapi sejauh ini berat badan Ade cukup.
  2. Kaki Bubun hampir nggak pernah bengkak lagi
  3. Kram nggak pernah muncul lagi
  4. Sakit punggung dan pinggang berkurang drastis
  5. Badan berasa lebih fit

Kok bisa?

Read the rest of this entry »


USG 4 D – 32 Weeks

Sebenarnya, sebagai penganut paham Gentlebirth garis keras, Bubun nggak gitu pengen sering-sering USG. Tadinya sih inginnya selama 9 bulan, cuma 3 kali USG aja untuk memastikan kesehatan dan perkembangan Ade. Tapi  nggak begitu halnya dengan Ayah. Sebisa mungkin tiap kali kontrol harus USG. Katanya sih kangen terus pengen liat Ade. Kalau Bubun katanya enak, bisa bareng-bareng ngerasain Ade tiap saat. Sementara Ayah kan paling kalau lagi bareng Bubun bisa ikut ngerasain gerakan Ade. Mengenai pandangan bahwa USG bisa berbahaya buat janin, Ayah yakin itu nggak bakal terjadi. Kenapa begitu..? Soalnya saat ini kan Ayah lagi nyusun thesis yang berkaitan dengan alat USG (meskipun untuk penggunaan di bidang eksplorasi migas alias non medis) dan Ayah udah nemu banyak referensi dan ngobrol dengan beberapa pakar yang memastikan USG ini aman digunakan untuk deteksi janin. Beruntunglah, dapat Obgyn macam dr. Yusfa yang dikasih gratis USG 4D di hampir tiap konsul. Jadinya rasa kangen Ayah bisa terus tersalurkan. Untuk yang satu ini, Bubun milih untuk kompromi aja dengan Ayah 🙂

Menginjak usia kehamilan 30 mingguan, setelah ke dr.Yusfa dan nggak bisa ngeliat wajah Ade lebih jelas dari waktu USG 24 minggu sebelumnya, Ayah cerita ke Bubun soal foto-foto USG teman-temannya yang jelas banget keliatan wajah si bayi. Bubun jelasin kalau USG 4D emang lagi trend banget bagi para orang tua yang penasaran sama wajah anaknya. Sekali waktu, Bubun ketemu temen Ayah yang juga hamil tua. Dia cerita kalau temennya baru saja USG 4D di RS Duren Tiga sama dr.Chandra Asmuni. Hasilnya sampai beratus-ratus foto dan rekaman videonya 1 jam lebih! Dan katanya sih, biaya USG-nya murah. Udah gitu, print foto-nya cuma sekitar Rp.7000 per lembar (kalau Bubun nggak salah ingat ya..)

Begitu diceritain ke Ayah, langsung deh Ayah excited banget dan minta Bubun nyari tahu soal 4D. Sempat mau ke dokter Chandra juga, cuma setelah ditimbang-timbang dan browsing-browsing, Bubun nemu rekomendasi beberapa obgyn yang ‘ahli’ USG 4D, di antaranya:

Read the rest of this entry »