Bumi grows so fast!

and so does Langit…

Langit 2 bulan!

6 Juni 2014

Langit genap 2 bulan. Artinya, Bubun udah harus masuk kerja!

Stok ASIP di hari Jum’at pagi itu udah nggak satu freezer lagi, setelah dipake sekitar 2 minggu bottle training (dan Bubun nggak bisa ngejar pasokan ASIP yang berkurang akibat sutris nyari pengasuh untuk Langit). Target sebelumnya adalah 100 botol x 100 ml. Tapi apa daya, hasilnya hanya sekitar 80 botol dengan isi 80-120 ml:

DSCN0216

Read the rest of this entry »

Advertisements

Serial Berat Badan Bumi (Season IV) – Inikah sebabnya?

Lanjutan dari cerita itu

Berbekal surat pengantar dari dr. Tiwi yang diperoleh pada saat check-up Langit hari Jumat tanggal 11 April 2014 itu, Bubun pun nelpon ke RS MMC Kuningan untuk bikin janji dengan dr. Pramita Gayatri (dr. Mita). Beliau kontrol setiap hari Rabu dan Sabtu. Langsunglah daftar yang untuk esoknya, tanggal 12 April 2014. Gerak cepat pokoknya!

Konsul pertama dr. Mita

dr. Mita mulai praktek jam 3 sore, kita baru berangkat dari apartemen jam 4 sore. Formasi lengkap: Ayah, Bubun, Bumi, Langit dan si Teteh. Yup! Langit usia 6 hari udah ikut nemenin Bumi ke dokter. Soalnya si teteh belum berani ditinggal berdua Langit di rumah. Takut belum bisa menghandle soalnya. Manalah Langit belum dilatih minum dot (lagian, terlalu dini rasanya dilatih ngedot belum sebulan, takut bingung puting kan yak?)

Read the rest of this entry »


Bumi 9 Bulan!

Akhir bulan Juni ini, Bumi 9 bulan sudah. Bayi yang dulu lahir dengan tenang, aman dan menyenangkan (thanks to ILA, yeah right!), sekarang udah jago teriak-teriak. Udah jarang dalam kondisi tenang dan diam, kecuali kalau lagi tidur atau lagi ngamatin sesuatu.

Bener deh, Bumi seneng banget ngamatin sesuatu atau wajah dan tingkah laku orang lain. Sampe berkerut-kerut gitu mukanya, kayak mikirin apaa gitu.

IMG_2265

Sepanjang usia 8 bulan kemarin, Read the rest of this entry »


Bumi 8 Bulan!

2 minggu lalu… www wait, 2 minggu? Hmmm lebih dari 2 minggu lalu Ade genap 8 bulan. Ih, lama beuts ya ceritanya? Biar telat, yang penting cerita yaa…

IMG_1795[1]

Read the rest of this entry »


Bumi 7 Bulan!

Nggak berasa… errr.. berasa banget sih! Bumbumiomio udah 7 bulan. Horee! *tari hula-hula*

Ini kalau diibaratkan petualangan, kita udah nyampe pegunungan himalaya terus ke sungai amazon lantas terdampar di gurun ghobi. Lalu ketemu Dora the explorer.
Udah ah, melintasi jalan penuh terjal dan berliku-nya. Boleh nggak sekarang naik cruise di Mediterania, terbang menuju Bora-Bora, setelah sebelumnya mampir ke Maladewa untuk berenang di pantai biru?
Eh tapi Bubun nggak bisa berenang dan lebih pengen sekitaran Laut Aegean lantas melipir ke Capadocia. Atau Flashpacking ke negara-negara Eropa Barat, ngelihat museum, perpustakaan atau bangunan bersejarah… nggak nolak banget.

Nanti ya, nanti kalau Ade udah gede dan celengan ayamnya udah penuh. Aamiin.

Jadi, gimana Ade di usia 7 bulan ini?
Alhamdulillah, sehat wal afiat. Sejak MPASI Ade belum.. (duh! jangan sampe deh) nggak pernah sakit.
Terus udah makan apa aja? Ya karena permasalahan berat badan dan situasi darurat dulu, akhirnya kita pake sistem kebut berat badan. Imbasnya, Bubun ngenalin banyak beberapa jenis makanan lebih awal, nggak sesuai rencana dan saran wholesomebabyfood.
Nggak takut tuh? Enggak sih. Soalnya WHO juga udah bolehin bayi usia 6 bulan untuk makan apa aja jenis makanan sehat, selain diary product yang kemungkinan alergen tinggi.

IMG_1018

Read the rest of this entry »


Bumi 6 Bulan!

Alhamdulillah, tanggal 21 Maret kemaren (eh, udah lamaa ya? Hihi), Ade Bumbum genap setengah tahun. Yeaay!

IMG-20130321-01268

Setengah tahun lagi menuju table food alias makan kayak Ayah Bubun. Seperti yang dibahas sebelumnya, Ade udah makan MPASI sejak usia 6 bulan kurang 10 hari. Jadi, di usia ini, tidak ada perayaan lulus ASIX 6 bulan. Terus gimana perkembangan MPASI-nya sejauh ini?

Sekali lagi, alhamdulillah wa syukurillah. Ade udah makan beberapa jenis buah dan cerelia serta sayuran, yaitu:

Read the rest of this entry »


5 Months already

21 Februari 2013 kemarin, Ade genap 5 bulan.

‘Menyambut’ ulang bulan ini, Ade kena batuk pilek lagi. Seperti waktu pertama kali dulu, langkah awal yang Bubun lakukan adalah home treatment:
1. Terapi Uap (Air panas ditaruh di wadah, lalu diberi tetesan minyak kayu putih atau minyak telon. Kemudian, wadah tersebut diletakan di pojok kamar agar uapnya bisa dihirup oleh Ade)
2. Jemur tiap pagi (tapi sekarang musim hujan, jarang banget bisa dapat matahari pagi 😦 )
3. Balur transpulmin BB di badan dan tetesin breathy ke hidung Ade (eh, ini termasuk home treatment ya?)

Karena udah pernah ngalamin ini sebelumnya, dan kejadian sebelumnya itu meninggalkan trauma mendalam karena lama dan ada kejadian Ade sampe sesak susah napas (duuh.. nggak lagi-lagi ya Allah please…), kali ini Bubun lebih sigap. Di hari ke-4 home treatment belum membuahkan hasil, Ade udah Bubun kasih mucopect (sesuai resep dulu itu). Karena nggak menunjukkan perubahan, kita pun ke dr. Tiwi. Padahal baru juga seminggu lalu ke beliau untuk kontrol rutin (dan dikasih lampu merah untuk berat badan Ade 😥 )

Seperti biasa, sebelum masuk ke ruang periksa, Ade ditimbang dulu. Bubun udah deg-degan karena hampir seminggu itu Ade susah banget nyusu. Mungkin karena batu dan hidung tersumbat. Di ruang tunggu, sempat ngobrol-ngobrol sama ibu-ibu lain yang anak-anaknya baru ditimbang dan semuanya naik berat badan secara signifikan. Setelah sampai gilirannya Ade ditimbang, Bubun nggak bisa menahan kegundahan lagi.

Iya, berat badan Ade turun lagi. Sediiihhh banget. Masa BB usia 5 bulan lebih kecil dari waktu usia 3 bulan!!

Read the rest of this entry »