Bumi grows so fast!

and so does Langit…

Seminar Tumbuh Kembang oleh Sasana BIC

Sebagai ‘customer loyal’ dari layanan Fisioterapi Bunda International Clinic (BIC), akhir bulan Mei 2013 lalu Bubun, Ade dan Ayah diundang untuk mengikuti seminar tumbuh kembang Anak oleh Sasana BIC. Selama ini, di Sasana BIC, Ade ‘hanya’ pernah menggunakan fasilitas inhalasi. Itu pun kalau Ade lama dan mengganggu. Padahal Sasana BIC ini juga menyediakan fasilitas Baby Gym dan Okupasi.

Sempat kepikiran untuk terapi motorik kasar di sini, karena Ade agak sedikit terlambat perkembangan motorik kasarnya jika dibandingkan teman-teman di TPA. Kalau menurut KSPP dan Baby Center sih, cukup baik. Menurut hasil pengamatan Bubun, semua itu karena waktu usia 2 bulan, Ade jarang ditengkurapin. Sampai usia 1 bulan, Bubun cukup sering memberi waktu Ade untuk ‘tummy time’, tapi kemudian berhenti gara-gara Opa dan Oma Ade marah besar waktu tahu. Disangkanya Bubun menyiksa dan membahayakan tulang-tulang Ade. -____-!

Sewaktu inhalasi di usia 5 bulan awal, Read the rest of this entry »

Advertisements

Seminar “Ayo Bermain Bersama Bayi”

Tanggal 4 Januari 2013, Ade check up ke-5 dengan dr. Tiwi di Bunda Internasional Clinic (BIC) sekaligus pemberian vaksin PCV (pneumococcal vaccine) pertama untuk proteksi terhadap IPD (invasive pneumococcal disease). Di check up sebelumnya, Bubun dan dr. Tiwi sudah sepakat untuk memberikan imunisasi terhadap bakteri pneumokokus ini kepada Ade karena pertimbangan bahwa Ade hari-harinya banyak di TPA. Sehingga lebih rentan dan perlu proteksi lebih. Untuk vaksin Rotavirus, meskipun Bubunnya pengen tapi dr. Tiwi menekankan bahwa itu tidak perlu karena Ade ASIX, yang daya tahan pencernaannya lebih baik.

Menurut tabel imunisasi dari IDAI, PCV ini dianjurkan untuk diberikan pada usia 2 bulan, bersamaan dengan imunisasi DPT. Tapi karena Ade dulu imunisasi DPT pertama diberikan dalam bentuk combo dan tanpa panas (merek Pediacel, meskipun awalnya Bubun pengennya yang infanrix dan simultan aja) bersama dengan HIB dan Polio, dr. Tiwi nggak recommend langsung diberi PCV pada saat yang sama, mengingat vaksin combo ini mengandung banyak sekali virus yang sudah dilumpuhkan. Takutnya terlalu ‘keras’ jika diberikan bersamaan dengan PCV.

Selain imunisasi, Ade juga dicek perkembangan motorik kasarnya. Alhamdulillah tanggal 1 Januari 2013 kemarin, Ade udah bisa negakkin leher kalau dalam posisi tengkurap. Tapi belum bisa miring-miring untuk posisi bolak-balik. Sama dr. Tiwi, Bubun disarankan untuk sering-sering menstimulasi Ade bermain supaya perkembangan motorik kasarnya bagus. dr. Tiwi juga menginfokan adanya kelas parenting bersama beliau tanggal 17 Januari 2013 mengenai bermain bersama bayi. Bubun tertarik banget, soalnya udah kehabisan ide kalau main sama Ade. Itu-ituuu melulu. Emang Bubun kurang kreatif dan inovatif. Sayangnya tanggal segitu jatuh pada hari Kamis. Jadi, Bubun nggak daftar untuk kelas tersebut.

Read the rest of this entry »