Bumi grows so fast!

and so does Langit…

(Lagi-lagi) MPASI Dini

Seperti yang Bubun ceritain sebelumnya di sana, Langit diminta segera diberi MPASI karena berat badan yang stagnan dari usia 4 ke 5 bulan. Bumi dan Langit sama-sama harus MPASI dini ternyata.

20140911_122213

—–
Oh iya, Read the rest of this entry »

Advertisements

Mudik telah usai, tapi…

Setelah jumpalitan dengan perjalanan mudik ke Kendari dan Polewali, kita diganjar dengan perjalanan pulang cukup baik. Dapat pesawat airbus yang gede. Bubun ingat sama sekali nggak ada turbulence selama perjalanan. Filmnya juga bagus (tapi lupa dulu nonton apa). Bubun ingat karena Bubun nggak bisa tidur. Padahal capeknya kayak habis diinjek gajah. Enggak, Bubun nggak pernah diinjek gajah. Kalau pernah, mungkin Bubun nggak bisa nulis ini sekarang kan…

Bubun juga ingat, tanggal 14 Agustus 2013 itu hari Rabu. TPA udah buka, jadi Bubun bisa nitipin Bumi ke sana. Tapi, karena baru nyampe Jakarta, Bubun nggak sempat masakin dan nyuapin Bumi sarapan. Pagi itu, mungkin Bumi kelaparan. Lebih parahnya, produksi ASI Bubun tiris banget. Meskipun udah bawa pompa selama mudik, tapi karena ribet dan capek selama mudik, Bubun nggak bisa merah ASI.

Untuk pertama kalinya, Bubun nggak nyetokin ASIP di TPA. Sewaktu nitipin, Bubun janji ke Bu Guru untuk datang lagi siangnya bawain stok ASI. Tapi… Bubun ketiduran karena lelah luar biasa. Bu Guru nelpon dari TPA karena Bumi ngamuk nggak punya ASI, tapi Bubun nggak denger HP-nya berdering. Alhasil, Bumi sepanjang hari cranky :'((((

Read the rest of this entry »


Mudik Tujuan Pertama; Kendari

… Sempet panik melihat tangan Bumi yang bengkak itu.
Untunglah, Buminya nggak rewel dan tampak nggak peduli. Bubun coba googling, nggak nemu jawaban yang memuaskan. Nanya ke @drtiwi juga nggak dibalas.
Kata tante Nina, kemungkinan besar bengkaknya itu karena serangga. Bumi dikasih semacam salep, yang Bubun lupa namanya apa. Esokannya, bengkak di tangan Bumi membaik. Lusanya malah hilang sama sekali. Hore!

Minggu awal Agustus 2013 itu, Bubun rasanya capek luar biasa. Mungkin pertanda mau sakit, atau apa. Oma yang melihat Bubun seperti itu, ngajakin Bubun ke pijat refleksi langganannya. Awalnya Bubun menolak karena pengen tidur aja sepanjang hari. Tapi Oma memaksa. Jadi, kita pun berangkat. Bumi ikutan dibawa, bersama dengan si mbak ART di rumah Oma supaya bisa gendongin Bumi. Begitu sampai di tempat.. Yaaah! Refleksinya tutup sodar-sodara! Karena udah kadung ke sana, akhirnya Bubun dan Oma memutuskan untuk ngambil paket perawatan di salon kecantikan yang ada di sebelahnya. Bubun ngambil paket pijat-lulur dan cuci blow. Sementara Oma cuma perawatan rambut aja.

Read the rest of this entry »


Bumi 9 Bulan!

Akhir bulan Juni ini, Bumi 9 bulan sudah. Bayi yang dulu lahir dengan tenang, aman dan menyenangkan (thanks to ILA, yeah right!), sekarang udah jago teriak-teriak. Udah jarang dalam kondisi tenang dan diam, kecuali kalau lagi tidur atau lagi ngamatin sesuatu.

Bener deh, Bumi seneng banget ngamatin sesuatu atau wajah dan tingkah laku orang lain. Sampe berkerut-kerut gitu mukanya, kayak mikirin apaa gitu.

IMG_2265

Sepanjang usia 8 bulan kemarin, Read the rest of this entry »


Perkara Berat Badan

Hari Senin lalu, Bubun nulis di sini, kalau selama MPASI, Ade belum pernah (amit-amit) sakit.

Lalu malamnya kena tulah. :'((((

Ade demam sampai pagi dan lanjut sampai hari Selasa.
Setiap kali Ade sakit, tentunya yang Bubun lakukan adalah mencari penyebab.
Nah yang kemarin itu, nggak tahu penyebabnya apa. Nggak ada batuk atau pilek. Gigi juga sepertinya nggak ada yang mau tumbuh. Bubun lihat di dalam mulut nggak ada radang atau sariawan. Duh mudah-mudahan Ade nggak kena Hand, Foot, and Mouth Disease atau Flu Singapura seperti yang dialamin teman-teman di TPA.

Dari Senin malam sampai Selasa malam, Ade rewel banget. Gelisah, nangis dan nempel terus kayak perangko. Karena Senin malam cuma tidur 2 jam, akhirnya selasa malam nggak kuat dan tidur sambil setengah duduk, meluk Ade dan nyusuin setiap setengah sampai kira-kira 1 jam sekali (nggak tahu persisnya karena setengah sadar, tapi sering banget). Alhamdulillah, Rabu pagi Ade udah nggak demam lagi. Tapi rewel banget. Sama sekali nggak mau makan cuma mau nyusu.

Karena Ade udah nggak demam lagi dan Bubun udah bikin janji dengan dr. Rini, jadi rabu kemarin itu Bubun bawa Ade ke RSIA Bunda. Ayah nggak bisa nganterin karena lagi sibuk. Jadi, kita naik taksi ke sana. Harusnya ke sana jam 2 siang, tapi karena Ade tidur mesti nunggu dulu. Begitu Ade bangun jam 3 sore, langsung mesen taksi dan gantiin baju Ade.

IMG_1225

Read the rest of this entry »


Bumi 7 Bulan!

Nggak berasa… errr.. berasa banget sih! Bumbumiomio udah 7 bulan. Horee! *tari hula-hula*

Ini kalau diibaratkan petualangan, kita udah nyampe pegunungan himalaya terus ke sungai amazon lantas terdampar di gurun ghobi. Lalu ketemu Dora the explorer.
Udah ah, melintasi jalan penuh terjal dan berliku-nya. Boleh nggak sekarang naik cruise di Mediterania, terbang menuju Bora-Bora, setelah sebelumnya mampir ke Maladewa untuk berenang di pantai biru?
Eh tapi Bubun nggak bisa berenang dan lebih pengen sekitaran Laut Aegean lantas melipir ke Capadocia. Atau Flashpacking ke negara-negara Eropa Barat, ngelihat museum, perpustakaan atau bangunan bersejarah… nggak nolak banget.

Nanti ya, nanti kalau Ade udah gede dan celengan ayamnya udah penuh. Aamiin.

Jadi, gimana Ade di usia 7 bulan ini?
Alhamdulillah, sehat wal afiat. Sejak MPASI Ade belum.. (duh! jangan sampe deh) nggak pernah sakit.
Terus udah makan apa aja? Ya karena permasalahan berat badan dan situasi darurat dulu, akhirnya kita pake sistem kebut berat badan. Imbasnya, Bubun ngenalin banyak beberapa jenis makanan lebih awal, nggak sesuai rencana dan saran wholesomebabyfood.
Nggak takut tuh? Enggak sih. Soalnya WHO juga udah bolehin bayi usia 6 bulan untuk makan apa aja jenis makanan sehat, selain diary product yang kemungkinan alergen tinggi.

IMG_1018

Read the rest of this entry »


Bumi 6 Bulan!

Alhamdulillah, tanggal 21 Maret kemaren (eh, udah lamaa ya? Hihi), Ade Bumbum genap setengah tahun. Yeaay!

IMG-20130321-01268

Setengah tahun lagi menuju table food alias makan kayak Ayah Bubun. Seperti yang dibahas sebelumnya, Ade udah makan MPASI sejak usia 6 bulan kurang 10 hari. Jadi, di usia ini, tidak ada perayaan lulus ASIX 6 bulan. Terus gimana perkembangan MPASI-nya sejauh ini?

Sekali lagi, alhamdulillah wa syukurillah. Ade udah makan beberapa jenis buah dan cerelia serta sayuran, yaitu:

Read the rest of this entry »