Bumi grows so fast!

and so does Langit…

Review: RSU Bunda

Meskipun pengalaman melahirkan Kakak Bumi dulu nggak sempurna dan sedikit banyak menimbulkan trauma, tapi Bubun mutusin untuk lahiran Adik Lala di rumah sakit yang sama. Alasan utamanya adalah karena catatan kesehatan Bumi dan Bubun setahun ini sudah di sana (dan di BIC, klinik yang masih satu group dengan RSIA Bunda). Selain itu, ada dr. Tiwi, DSA yang Bubun percaya cukup pro ASI. Belakangan ditambah karena ada dr. Ivan sangat-sangat komunikatif dan jadi DSOG favorit Bubun.

Tidak berapa lama setelah Kakak Bumi lahiran, RSU Bunda (yang juga terafiliasi dengan RSIA Bunda), selesai dibangun tepat di seberang RSIA Bunda Menteng. Sekali waktu Ayah, Bubun, dan Bumi ikut seminar parenting bersama dr. Tiwi di RSU tersebut. Bubun lihat, RS tersebut lebih modern dan terlihat baru ketimbang RSIA. Bubun nanya-nanya, ternyata RSU ini diperuntukkan bagi pasien umum. Tapi ternyata menerima pasien ibu dan anak juga.

Mendekati kelahiran Adik Langit, Read the rest of this entry »


39 Minggu; Harap-harap cemas

Berikut ini cerita menjelang kelahiran Adik Lala. Sebagian ditulis sehari sebelum lahiran, sebagian lagi ditulis sambil nyusuin Adik Lala 😉

Di usia kehamilan 39 minggu, Bubun mulai agak gelisah. Kok Adik Lala nggak lahir-lahir sih?
Bukankah kelahiran anak kedua biasanya lebih cepat daripada anak pertama? Lagian Feeling Bubun, Adik Lala bakal datang sebelum genap 40 minggu.

Eh tapi, dulu juga Bubun feelingnya Kakak Bumi bakalan lahir setelah usia 40 minggu. Tahunya, 39 minggu 4 hari, Kakak Bumi lahir ke dunia ini.

Berarti feeling Bubun sebagai seorang Ibu nggak bisa diandelin dong? Hmm, catatan untuk hari-hari esok sebagai ibu beranak dua.

Di usia 38 minggu, Bubun baru ikutan kelas senam hamil di RSIA Tambak. Mau belajar lagi soal teknik ngeden yang bener, kok nggak jodoh terus sama bidan Desi, yang berjasa ngajarin teknik tersebut dan secara tidak langsung ikut menyukseskan kelahiran Kakak Bumi secara spontan meskipun ada lilitan tali pusar sekali di leher.

IMG_20140326_154203

Read the rest of this entry »


Hospital Tour (Part 5 – Last): RSIA YPK Mandiri

Sebenarnya, Bubun dari awal nggak kepikiran buat lahiran di sini. Karena RS ini nggak punya fasilitas waterbirth. Tapi, Ayah yang fans berat dr. Yusfa, pengennya Ade lahir dibantu si dokter di RS ini. Untuk itu, Ayah pun ngebujuk Bubun untuk mempertimbangkan kemungkinan lahiran di sini.

Jadi waktu kontrol minggu ke-32, sembari menunggu antrian dr. Yusfa, Bubun ngajakin Ayah untuk hospital tour di RSIA YPK. Sama seperti di Bunda, suster-suster di sini juga ramah dan memberi info yang lumayan lengkap. Pada kesempatan itu, kita sempat ngeliat kondisi Kamar Kelas 1 (cuma ngeliat bentar dan lupa difoto), Kelas 1 Utama, Kelas VIP dan VVIP.

Kamar Kelas 1 Utama (Anggrek)

Read the rest of this entry »


Hospital Tour (Part 4): RSIA Bunda Menteng

Ade inget nggak cerita Bubun yang ini..?

Nah, di situ kan Bubun sempat bilang, sembari menunggu antrian dr. Nana yang panjaaanggg, Bubun dan Ayah sempat melihat-lihat kamar dan ruang bersalin waterbirth di RS. Bunda Menteng.

Awalnya, Bubun ke bagian Customer Service (CS) minta dijelaskan prosedur kelahiran yang dimulai dari kedatangan ibu yang akan akan bersalin. Setelah itu, CS menunjukkan lokasi dropped in bumil sampai masuk ke ruang observasi. Setelah itu, CS pun menyerahkan Ayah dan Bubun kepada suster di bagian persalinan untuk menunjukkan ruang waterbirth. Sayangnya Bubun lupa foto. Tapi tempatnya lumayan lega. Ada bath tub ukuran besar dengan lampu di bagian atasnya (kayak di ruang operasi), bola karet, ranjang, aromatheraphy, CD player, timbangan bayi dan alat-alat medis lainnya. CS dan semua susternya ramah-ramah dan ngejelasinnya lengkap. Suka deh!

Read the rest of this entry »


Hospital Tour (Part 3): Galenia MCC

Sejak bergabung dengan Group Gentlebirth Indonesia, Bubun udah tahu tentang keberadaan satu klinik persalinan di Bandung yang menerapkan konsep gentlebirth seutuhnya. Namanya Galenia Mom and Child Care (MCC). Hanya saja, karena adanya di luar kota, Bubun belum pernah melihat secara langsung kondisi kliniknya seperti apa.

Hari Jum’at tanggal 6 April 2012 lalu kebetulan bertepatan dengan perayaan Wafat Isa Al Masih, yang berarti cuti bersama, dan libur panjang. Bubun dan Ayah, memutuskan untuk ngikutin warga Jakarta lain yang berbondong-bondong liburan ke Bandung. Senengnya karena pada periode 5 – 8 April itu, digelar Baby and Kids Expo di Graha Manggala Siliwangi. Bubun yang hamil muda, semangat banget buat survei ke sana. Niatnya emang nggak belanja sih. Vendornya nggak terlalu banyak, tapi Bubun jadi tahu bentuk clodi itu seperti apa ^^ terus lihat-lihat paket pijat ibu hamil. Soalnya waktu itu pegel-pegelnya lagi memuncak.

And.. surprise-surprise!

Ada stand Galenia dong di situ. Bagus deh, ada kolam plastik dan TV plasma yang menayangkan persalinan waterbirth. Jadi, menarik minat para pengunjung.

Read the rest of this entry »


Hospital Tour (Part 2): Sam Marie Family Health Care

Lanjutan dari sini

Yang jelas sih, pengennya Rumah Sakitnya nggak jauh dari rumah ya. Kalau bisa, yang ada fasilitas waterbirth-nya. Karenanya, Bubun pun nyari RS yang paling happening buat waterbirth. Waktu itu, yang paling sering disebut adalah Sam Marie Family Health Care di Jl. Wijaya, yang tadinya lebih terkenal sebagai rumah sakit khusus fertilitas.

Sekali waktu di trimester pertama (Kayaknya bulan Februari/Maret gitu deh), Hari sabtu pagi, Bubun ke Salon Narsih di Pulo Raya. Ketika itu, Ayah ada kuliah. Sembari menunggu Ayah ngejemput, Bubun kepikiran buat ngelihat fasilitas di RS Sam Marie Basra, yang letaknya cukup dekat dengan salon Narsih. Cuma berjalan beberapa menit, sampe deh di sana.

Rumah sakitnya kecil dan karena weekend lagi penuh banget dengan pasien. Bubun tertariknya karena modelnya nggak kayak rumah sakit yang berkesan ‘dingin’ dan ‘berjarak’. Lebih homey lah gitu. Sayangnya, Bubun nggak lupa buat foto-foto. Nggak berapa lama, Ayah akhirnya datang dan ikut lihat kamarnya. Untuk ruang bersalin waterbirth, nggak bisa ditunjukkin ke kita. Katanya demi menjaga agar tetap steril. Well…

Picture’s taken from http://jakarta.urbanesia.com

Read the rest of this entry »


Hospital Tour: Mencari dan Mencari (Part 1)

Meskipun awalnya bercita-cita untuk homebirth dan waterbirth, tapi Bubun juga nyiapin back-up plan untuk persalinan di Rumah Sakit (RS). Karena itu, Bubun udah niat untuk hospital tour, khususnya ke RS yang mempunyai fasilitas persalinan di dalam air atau waterbirth. Di Jakarta sendiri, ada beberapa RS yang dimaksud:

  1. RSIA Sam Marie Basra
  2. RS Asri, Duren Tiga
  3. RS MMC, Kuningan
  4. RSIA Bunda, Menteng
  5. RS Pusat Pertamina

Sementara di area Luar Jakarta, ada:

  1. RS Permata Sarana Husada, Pamulang
  2. RS Mitra Keluarga, Cibubur
  3. RSIA Bunda, Margonda Depok

Read the rest of this entry »