Bumi grows so fast!

and so does Langit…

Aqiqah si Cantik Lala (Mudik 2014 Part III)

Salah satu agenda utama mudik 2014 adalah Aqiqah Langit.

Seperti Bumi dulu, Ayah dan Bubun inginnya acaranya sederhana aja. Asalkan memenuhi secara syariat. Tapi bagi keluarga Bubun, aqiqah adalah suatu acara sakral yang perlu digelar secara serius. Makanya dulu Bumi sampai Aqiqah dua kali. Oma dan Opa nganggepnya aqiqah pertama yang Ayah Bubun selenggarakan di Jakarta sewaktu Bumi berusia 3 bulan itu kurang afdol!

Setelah negosiasi, akhirnya Opa dan Oma setuju acara aqiqah Langit dibuat sederhana. Tapi tetep harus ngundang keluarga, kerabat dan teman-teman Opa Oma. Pake masang tenda pula.

Bubun perhatiin, di kampung halaman Bubun emang aqiqah itu rata-rata dibuat beneran ‘pesta’ gitu. Mirip-mirip dengan tradisi di Malaysia. Eh apa di seluruh Indonesia juga gitu ya? Bubun aja yang nggak tau?

Tapi beneran deh, acara aqiqah (dan cukur jambul alias cukur rambut) di Malaysia itu serius bener! Pake dekorasi berendoi alias buaian untuk bayinya. Berendoi ini nggak kalah cantik dibandingkan pelaminan pengantin lho. Coba deh lihat.

Picture’s taken from http://www.spshops.com

Read the rest of this entry »

Advertisements

Dokumentasi Kelahiran Bumi dan Langit

Bubun dan Ayah seringkali berbeda pendapat tentang satu dua hal. Tapi kami memiliki pandangan yang sama tentang mengabadikan momen. Bagi Ayah dan Bubun momen-momen penting dalam hidup, perlu diabadikan tidak hanya dalam memori tapi juga dalam gambar bergerak dan tidak bergerak (Kalau Bubun, plus catatan kenangan makanya jurnal ini ada). Jadi, sewaktu Bubun bilang ke Ayah mau nyari fotografer dan videografer untuk nge-capture proses kelahiran Bumi, Ayah dengan antusias mengiyakan.

Tapi, mencari fotografer/videografer cewek (ini harga mati buat Bubun, kalau obgyn sih masih negotiable lah) yang bisa nangkep momen dengan bagus dan harganya terjangkau susaah ternyata.

Setelah googling berbulan-bulan, akhirnya nemu beberapa kandidat fotografer. Videografer nggak nemu sama sekali. Nggak apa-apalah. Toh, kalau video bisa direkam sendiri pake kamera plus tripod.

Kandidat pertama kita adalah Read the rest of this entry »


Protected: Kisah Kelahiran Langit (Part 2)

This content is password protected. To view it please enter your password below:


Selamat datang, Langit

Assalamualaikum gadis kecil,

Selamat datang di dunia, Langit biruku. Harapan akan hari esok yang lebih baik, kebahagiaan di tengah rasa sedih dan putus asa, warna indah di kala hari cerah, yang hadir ketika langit berwarna biru; Kala Langit Azzura.

Terima kasih untuk menjadi kuat di saat Bubun sudah hampir menyerah. Juga memilih jalan yang mudah, aman, dan cepat menuju dunia sehingga menyamankan Bubun. Terima kasih untuk hadir dan menjadi bagian dari Ayah, Bubun, dan Kakak Bumi.

DSCN9463

Kecup sayang,
Bubun


Bumiku Satu!

Sebagai ex emak-emak rabid, pernah ada saatnya ketika Bubun terlalu bersemangat menjadi seorang ibu, sampai-sampai di usia Bumi yang belum genap 1 bulan, Bubun udah mempersiapkan perayaan ulang tahun pertama Bumi. Errr…
Sebenernya sih, bukan persiapan yang heboh gimana-gimana. Cuma ‘sekedar’ nyari tema, kumpulin free printables yang lucu-lucu, cari desain kue menarik, endebre-endebre. Hitslah.

Sekali lagi, dalam hidup manusia cuma bisa berencana. Selanjutnya tergantung pada-Nya. Niat awalnya, ulang tahun bumi ingin dirayakan bersama teman di TPA. Tapi ada hal-hal yang menyebabkan semua rencana berubah. Diawali dengan Bumi masuk RS, sebulan sebelum hari H. Kemudian, beberapa hari menjelang hari ulang tahun itu, Bumi tampak kurang sehat. Ternyata itu karena Bumi terpapar diare edisi pertama.

DSCN0082

Di hari ulang tahun pertamanya, Bumi terlihat lemas dan lesu. 😦

Read the rest of this entry »


Mudik Tujuan Pertama; Kendari

… Sempet panik melihat tangan Bumi yang bengkak itu.
Untunglah, Buminya nggak rewel dan tampak nggak peduli. Bubun coba googling, nggak nemu jawaban yang memuaskan. Nanya ke @drtiwi juga nggak dibalas.
Kata tante Nina, kemungkinan besar bengkaknya itu karena serangga. Bumi dikasih semacam salep, yang Bubun lupa namanya apa. Esokannya, bengkak di tangan Bumi membaik. Lusanya malah hilang sama sekali. Hore!

Minggu awal Agustus 2013 itu, Bubun rasanya capek luar biasa. Mungkin pertanda mau sakit, atau apa. Oma yang melihat Bubun seperti itu, ngajakin Bubun ke pijat refleksi langganannya. Awalnya Bubun menolak karena pengen tidur aja sepanjang hari. Tapi Oma memaksa. Jadi, kita pun berangkat. Bumi ikutan dibawa, bersama dengan si mbak ART di rumah Oma supaya bisa gendongin Bumi. Begitu sampai di tempat.. Yaaah! Refleksinya tutup sodar-sodara! Karena udah kadung ke sana, akhirnya Bubun dan Oma memutuskan untuk ngambil paket perawatan di salon kecantikan yang ada di sebelahnya. Bubun ngambil paket pijat-lulur dan cuci blow. Sementara Oma cuma perawatan rambut aja.

Read the rest of this entry »


Aqiqah-nya Bumisagara

Dalam agama islam, jika mampu, orang tua di sunnahkan untuk melakukan aqiqah untuk bayinya begitu menginjak usia 7 hari. Tapi Ayah dan Bubun tak sanggup. Cuma berdua aja waktu itu di rumah. Masih kelimpungan ngurus Ade yang masih merah. Boro-boro nyiapin keperluan aqiqah. Baru bisa waktu Ade berusia 3 bulan. Sebelumnya ngudang Opu dan Ibu-nya Ayah supaya bisa datang ke Jakarta dan menghadiri acara tersebut. Mama dan Papa-nya Bubun berhalangan hadir. Kalau Mama-nya Bubun sempat nengokin Ade sejak berusia 3 sampai 7 hari. Sedangkan Papa-nya Bubun belum pernah lihat Ade secara langsung. Baru melalui foto, video dan skype 😀

Dari awal, Ayah dan Bubun sudah berniat untuk melakukan acara Aqiqah yang sederhana namun sesuai syariat. Dengan begitu, Ayah dan Bubun terpaksa menolak permintaan Mama dan Papa-nya Bubun agar aqiqah-nya Ade dilaksanakan di kendari. Di sana, perayaan aqiqah tergolong cukup mewah (dalam pandangan Bubun) yang mengundang ratusan orang lengkap dengan segala urusan dekorasi, hiburan, jamuan makan meriah, dan lain-lain. Menurut Bubun, syukuran aqiqahan Ade baiknya berupa pengajian dengan ritual gunting rambut di akhir acara.

Karena itu, persiapan acaranya juga simpel nggak pake repot. Bubun mesen paket Aqiqah di Aqiqah Saung Domba. Bubun lebih memilih domba daripada kambing, karena daging domba diklaim lebih bergizi dan lebih empuk/enak. Meskipun acara syukurannya sederhana, urusan pemilihan jenis domba-nya, Bubun berusaha semaksimal mungkin. Meskipun sedikit lebih mahal dari harga pasaran, Bubun rasa Aqiqah Saung Domba ini terjamin dalam hal kualitas.

Aqiqah Bumisagara Tristan Alwi 01

Read the rest of this entry »