Bumi grows so fast!

and so does Langit…

Langit 4 Bulan!

(Another) Late Post

Langit genap berusia 4 bulan ketika kita lagi liburan di Kendari. Tiga hari setelah ulang bulan ke-4, Langit di-aqiqah. Lalu, rambutnya pertama kali dicukur habis alias dibotakkin.

20140815_172053_Richtone(HDR)

20140815_172116_Richtone(HDR)

20140815_172120_Richtone(HDR)

Langit juga makin keliatan karakternya. Periang, murah senyum dan seneng ngeliatin wajah orang lain. Tapi teteup.. kalau nangis, suaranya tiba-tiba kayak pake toa. Kenceng dan menyayat hati. Selain itu, terjadi hal yang tak terduga. Langit tumbuh gigi! Sekaligus 2 buah!! dua central incisor. Pantesan aja, di usia 3 bulan kemaren, Langit ngeces dan makan tangan melulu!

Haa? Nggak salah tuh? 4 bulan, tumbuh gigi? Yeuk!

Bubun kaget sekaligus takut. Setahu Bubun kan, gigi bayi itu umumnya pertama erupsi di usia 6 – 10 bulan. Bubun takut ada konsekuensi dari tumbuhnya gigi terlalu dini itu. Jarak antara gigi pertama dan kedua hanya berkisar kurang dari seminggu.

Berbanding terbalik dengan pertumbuhan gigi, berat badan Langit, justru menunjukkan perlambatan.

Berat Badan: 6,650 kg — Naik 400 gram dari usia 3 bulan 11 hari (6,28 kg)

Panjang: Nggak diukur😥

Imunisasi (Akumulasi):

  1. Polio 0 — 11 April 2014 (Kontrol usia 5 hari, BIC)
  2. Hepatitis B (1), Engerix  — 7 April 2014 (Usia 2 hari, RSU Bunda)
  3. BCG — 7 Mei 2014 (Kontrol usia 1 bulan 1 hari, BIC)
  4. Hepatitis B (2), Engerix — 7 Mei 2014 (Kontrol usia 1 bulan 1 hari, BIC)
  5. DPaT/HIB/Polio (1), Pediacel — 5 Juni 2014 (Kontrol usia 2 bulan kurang 1 hari, BIC)
  6. PCV (1), Prevenar 13 — 17 Juli 2014 (Kontrol usia 3 bulan, 11 hari, BIC)
  7. Rotavirus (1), Rotarix — 17 Juli 2014 (Kontrol usia 3 bulan, 11 hari, BIC)
  8. DPaT/HIB/Polio (2), Pediacel — 5 Agustus 2014 (Kontrol usia 4 bulan kurang 1 hari, BIC)

Perkembangan Motorik:

  1. Udah bisa bolak balik tengkurap
  2. Mulai kenal wajah. Begitu pandangan mata Langit bersinobrok dengan Bubun misalnya, Langit akan tersenyum lebar.
  3. Refleks genggam mulai berkurang, tapi kalau dikasih teether, udah bisa diarahin ke mulut sendiri

Red Alert!

Perkembangan fisik Langit kurang memuaskan, karena Berat Badan tidak mencapai kenaikan minimal, yaitu 600 gram. Pada saat kontrol di usia 4 bulan kurang sehari, Bubun nanya ke dr. Tiwi, apakah perlu suplementasi zat besi. Menurut dokter, perlu. Diresepin sangobion drop untuk dikonsumi @ 0,6 ml per hari. Tapi di apotik BIC kosong. Di Apotek Titi Murni (langganan Bubun karena super lengkap) pun sama. Jadi, beli Ferriz aja.

Pada saat ketemu dr. Tiwi, Bubun pun nanyain soal bercak kecil kemerahan yang Bubun temuin di lidah Langit (dan disebut sebagai sariawan oleh pengasuh di daycare tempat Langit sempat sehari dititipin karena drama pengasuh dulu itu).

Menurut hasil pemeriksaan dr. Tiwi, bercak di lidah itu namanya Geographic Tongue. Bukan sekedar thrush sebagaimana kecurigaan Bubun awalnya. Pemicunya adalah makanan yang Bubun Makanan (kemudian dikonsumsi Langit melalui ASI).

“Semacam alergi gitu dok?” Tanya Bubun.

“Iya, bisa dibilang begitu.”

Dari ekspresi dr. Tiwi, Bubun nyimpulin kalau itu bukan hal berbahaya. Nggak diresepin apa-apa juga sih. Tapi, tetep aja, Bubun cari tau lebih mendalam sepulang dari kontrol. Dari hasil penelusuran Bubun di berbagai situs (Semuanya situs berbahasa inggris. Sumber dalam bahasa Indonesia nggak ada sama sekali), Bubun nyimpulin sendiri bahwa:

  1. Geographic Tounge (GT) adalah suatu kondisi yang tidak berbahaya, di mana terdapat bercak-bercak merah menyerupai pulau,
  2. Bercak itu kadang mengecil, kadang membesar, kadang juga lebih dari satu munculnya, tergantung apa yang dikonsumsi,
  3. Umumnya bercak tersebut muncul karena dipicu oleh makanan yang acid (seperti buah jeruk dan nanas) serta spicy (yang sarat bumbu),
  4. Penyebab pastinya masih jadi tanya. Ada yang berpendapat itu bersifat genetik, bentuk sensitivitas/alergi, atau malah defisiensi zat mikro nutrien tertentu,
  5. Umumnya dijumpai pada anak di atas 5 tahun (kasus jarang terjadi pada balita apalagi batita),
  6. Lebih banyak menimpa orang dewasa,
  7. Kondisi ini tidak bisa disembuhkan dan akan terus ada sampai tua,
  8. Karenanya, kadang bikin orang minder (karena lidahnya nggak mulus),
  9. Tapi sebagian merasa tidak terganggu dan bisa menikmati makanan apa saja,
  10. Meskipun ada juga yang merasa lebih sensitif pada jenis makanan tertentu (seperti yang acid dan spicy).

Jadinya Bubun setengah lega setengah cemas deh. Lega karena GT ternyata nggak berbahaya, cemas nantinya Langit susah makannya, jadi picky eater, dan buruk-buruknya didiagnosa Failure to Thrive seperti Bumi :'(((

Mudah-mudahan, Langit termasuk salah satu yang tidak terganggu dengan kondisi ini yah. Sementara itu, Bubun mutusin untuk nggak mengkonsumsi Jeruk dan Nanas dulu. Kalau bercak di lidah Langit mengecil dan menghilang, sepertinya MPASI Langit nggak akan melibatkan kedua buah itu atau buah-buah lain yang rasanya asam.


2 Comments on “Langit 4 Bulan!”

  1. […] iya, geographic tounge yang muncul bulan lalu, udah menghilang! Alhamdulillah… Ternyata tepat keputusan Bubun untuk […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s