Bumi grows so fast!

and so does Langit…

Akhirnya kejar tayang juga…

Sejak MPASI, Bubun lihat Ade udah membaik minum ASIP-nya. Kalau sebelumnya cuma minum sekitar 200 ml, selama ditinggal di TPA (Pukul 08.00 – 17.00 di luar nyusuin langsung pukul 13.00), setelah MPASI pelan-pelan konsumsinya meningkat jadi 300 – 400 ml. Malah sejak berusia 8 bulan, Ade bisa minum 500 – 600 ml dalam sehari.

Alhamdulillah!

Tapi tentu saja ada konsekuensinya… Stok ASIP menipis drastis. Bahkan sekarang Bubun udah kayak sinetron aja, pake sistem kejar tayang. Jadinya, ngenes banget ingat dulu buang-buangin ASIP yang nggak dihabisin Ade, yang udah nggak muat di Freezer atau lebih parah, yang Bubun pikir udah expired (padahal belum)! Kalau puluhan botol yang didonorin ke 4 bayi (yang sekarang menjadi saudara sepersusuan Ade) sih, emang Bubun rasa ‘dititipkan’ Allah ke Bubun. Jadi nggak ada perasaan menyesal udah membantu bayi yang membutuhkan. Pelajaran pentingnya adalah: Kalau masih masa-masa keemasan banjir ASI, JANGAN JUMAWA!! Mending sewa freezer khusus sebelumnya. Toh, kalaupun akhirnya Ade nggak suka minum ASIP, masih banyak bayi yang membutuhkan. Tapi jangan sampai dibuang!! *hela napas*

Apa mau dikata, freezer udah kosong, menyisakan 3 botol sisa perjuangan terakhir. Bubun harus usaha untuk meningkatkan produksi ASI. Baca-baca tentang galactogogue, ketemulah tentang sayur ajaib penambah produksi ASI, yaitu torbangun alias bangun-bangun. Sayangnya karena kesibukan hari-hari, Bubun nggak pernah sempat ke pasar Senen untuk beli. Suatu hari, Bubun cerita ke temen yang juga baru lahiran, tentang si sayur itu. Beberapa hari kemudian, si tante, temen Bubun itu ngasih satu ikat sayuran itu! Katanya dia beli di pasar Senen, di inang-inang (Ibu-ibu batak) yang jualan di area belakang kios tas yang berjejer di sepanjang jalan depan Senen Jaya. Langsung hepii, terus bagi-bagi ke busui lainnya.

IMG_2212The infamous daun torbangun

Apakah produksi ASI Bubun langsung meningkat? Sayangnya tidak. Mungkin karena Bubun cuma makannya beberapa helai dan makannya bersama.. jeng jeng jeng… Indomie rebus! *APA-APAAN ITUHH?*

In Bubun defense… Waktu itu Ayah 3 hari ikutan workshop. Di rumah cuma pas mau tidur malam aja. Jadi Bubun repot banget ngurusin Ade sendiri. Untung 2 harinya weekend. Tapi tetep aja… jangankan makan ya.. nyuci, nyetrika, ngepel dan beres-beres aja hebohnya minta ampun karena Ade nggak mau ditinggal. Nempel aja kayak perangko yang dicocol lem kastol.

Setelah itu, Bubun pun menerapkan tips nge-boost produksi ASI, dari para konselor laktasi yang paling mudah diterapkan: Makan makanan yang disukain, relaks, bahagia… kalau yang 2 terakhir sih susah ya. Tapi pertama itu bisalah dicoba. Karena Bubun.. udah bisa makan enak lagi sejak Ade udah usia 8 bulan! Kan ceritanya Ade itu sensitif/alergi terhadap hampir semua jenis makanan yang enak-enak: diary product (yang mengandung susu, seperti keju, krim, cokelat), kacang-kacangan, telur, seafood, gluten, kedelai… Nah di usia 6 bulan, biasanya pencernaan bayi udah mulai matang. 8 bulan makin matang lagi. Jadi Insya Allah, Ade aman minum ASI Bubun yang mengandung bahan makanan tersebut. Horeee!

Cabs cuss ngemil ini:

IMG_2184 IMG_2167 IMG_2335

Selain itu, untuk meningkatan ketenangan batin dan menciptakan keluarga yang bahagia dengan sosok ibu yang bertubuh sehat dan mental kuat, tiap bulan Bubun manggil terapis ke rumah untuk mijet dan…. ikutan kelas yoga di kantor! Seminggu sekali, Bubun pulang lebih malem karena yoga. Ade overtime di TPA. setelah dijemput Ayah, Ade nungguin Bubun di kantor, atau pulang duluan. Win-win solution! Ade bisa makan malam banyak (Kalau di TPA, sebanyak apapun makanan yang udah Bubun masak dan simpen di sana) pasti dihabisin sama Ade. Sementara itu, Bubun jadi lebih seger dan happy meskipun harus tidur cuma beberapa jam karena selesai beberes udah larut malam.

Karena yoga di kantor di-arrange barengan sama temen-temen Bubun sendiri, jadi perlengkapan yoga harus punya sendiri. Jadinya, beberapa minggu lalu, Bubun Jakarta Do Yoga, (tempat dulu kita pre-natal yoga) untuk beli matras. Berhubung belum mampu beli Manduka Black Mat Pro atau Lululemon The Mat, atau Jade, Bubun pun beli Earth Element Mat 5 mm dari Hugger Mugger ini.

IMG_2365

Matrasnya empuk, nggak licin dan cantik. Tapi tetep aja bikin Ayah keselek waktu tahu harganya berapa. Hihi. Tapi namanya untuk kesehatan, kayaknya investasi dikit niscaya hasilnya nggak akan mengecewakan.

Di atas semua itu, semoga stok ASIP Ade kembali ke posisi aman damai sentosa ya…

Kalau nggak, Bubun mau minum suplemen seperti asifit, milmor atau lactamam aja. Kalau perlu molocco deh! Meskipun mengandung ekstrak plasenta (plasenta sapi yaa.. bukan plasenta manusia seperti gosip-gosip yang beredar itu), yang mikirinnya aja agak gimanaa gitu. Hehe.

Sebenernya sih, ada satu mood booster, yang sepertinya jadi ASI booster juga: NontonVariety Show dari Korea, Running Man!

Picture’s taken from http://www.runmanclub.blogspot.com

Itu ya.. Bubun bisa ketawa-ketiwi heboh dan ceria, meskipun sementara.  Tapi sayangnya, karena padatnya kerjaan akhir-akhir ini, Bubun jarang bisa nonton lagi. Palingan kalau pulang kantor lebih awal dan kerjaan rumah beres sebelum menjelang tengah malam, bisa deh sempetin nonton.

Sedihnya, barusan Bubun cek, website tempat Bubun biasa nonton streaming variety show ini, udah dihapus. What??

Gimana nih nasib ASIP kita de?


11 Comments on “Akhirnya kejar tayang juga…”

  1. dira says:

    hihihi kemarin juga saya sempat ngambil stok asip gara2 gak impas hasil perahan dan konsumsi zey.. kerjaan lagi menggila banget kemariin… Alhamdulillah back on track lagi setelah makan harvermut pake kopi susu :p

    anyway, saya punya donlotan running men cukup lengkap (sampe episod seratusan kalo ga salah ya?) …mau? mau? mau? supaya bisa bantu bundabumi ketawaketiwi sambil merah asi😀 (it rhymes!)

    • citralwi says:

      Mbak Dira, harvermut salah satu ASI booster yak? Pernah denger dari temen juga, katanya tiap habis makan roti, ASI-nya makan banyak. Semoga terus lancar pasokan ASI-nya ya..

      Eh betewe, APAAH? Punya donlotan running man?? Demi apah? MAU!!!!😀

  2. Indah Kristiana says:

    mbk dira2, mbk dira saya mau dong…..bumil nie, 25 minggu…lagi seteres sama kerjaan kantorr pengen yang lucuh2….

  3. saya juga sedang kejar tayang asi, hari ini pumping untuk besok diminum, siasatinya pakai jus paria…yiakkss pahit, tapi alhamdulillah bisa memenuhi kebutuhan asi, sehari bisa dapat 5-6 botol kaca yang kurleb 90 ml, hehehe …mungkin tertarik mencobanya…

  4. rara says:

    bun sama dong kita, penggemar running man juga. di kshownow.net bun..

  5. […] Bubun berkunang-kunang dan ngambil jeda istirahat beberapa detik. Apa karena terakhir kali ikutan kelas yoga biasa (yang beginner yak), itu waktu lagi hamil 4-5 bulan. Jadinya, nggak terlalu kaget. Kayaknya […]

  6. Icha SF says:

    Halo Mba Citra, salam kenal saya icha.. beberapa kali mampir kesini.. suka deh baca-baca ceritanya🙂, dan sepertinya kita satu wadah, di lapangan banteng ya mba? hwaa masih ada kah kelas yoganya? wondering.. pengen juga😉

    • citralwi says:

      Halo Icha!

      Aku juga pernah mampir ke blognya lho. Hihi.
      Iyaa… kita emang satu kantor. Kelas yoganya udah berhenti karena susah ngumpulin orangnya.😥


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s