Bumi grows so fast!

and so does Langit…

Bumi 9 Bulan!

Akhir bulan Juni ini, Bumi 9 bulan sudah. Bayi yang dulu lahir dengan tenang, aman dan menyenangkan (thanks to ILA, yeah right!), sekarang udah jago teriak-teriak. Udah jarang dalam kondisi tenang dan diam, kecuali kalau lagi tidur atau lagi ngamatin sesuatu.

Bener deh, Bumi seneng banget ngamatin sesuatu atau wajah dan tingkah laku orang lain. Sampe berkerut-kerut gitu mukanya, kayak mikirin apaa gitu.

IMG_2265

Sepanjang usia 8 bulan kemarin, Bumi jarang banget sakit. Apa nggak pernah ya? Tapi, 2 hari menjelang ulang bulan ke-9, Bumi kena pilek. Wajar sih, soalnya udah seminggu sebelumnya temen-temen di TPA batpil berjamaah. Malah sempet kaget (dan bersyukur), kok Bumi nggak ketularan. Kemudian kena tulah -____-!

Pileknya sih nggak terlalu ganggu. Tapi, batuknya itu lho.. sampe hari ini, Bumi tidur malam nggak tenang. Dikit-dikit batuk. Kalau nggak ya nangis dalam tidur.

IMG_2380

Tabungan sabarnya Bubun yang udah minus kembali dipake lagi. Tapi syukurlah, ‘tabungan’nya ada fasilitas cerukan yang tak terbatas. Seorang ibu emang platinum member, yang harus punya fasilitas ini. Hihi.

Seperti biasa, tiap kali batuk heboh dan lebih dari 3 hari, Bumi bakal digotong ke sasana BIC untuk inhalasi. Kali ini Bumi udah lebih tenang diterapinya, kalau dibanding sebelum-sebelumnya. Tapi Ayah itu.. ck…ck.. selalu pengen bikin Bumi nangis. “Supaya inhalasinya maksimal” Katanya. Tapi kan repot ya…

Gara-gara batuk ini, berat badan Ade kembali turun. Rasanya seperti pengen… mendaki gunung lewati lembah, sungai mengalir indah…

Sutress!

Apa kabar grafik berat badan Ade? Tentu saja kembali hancur lebur. Dan bikin Bubun enggan mudik lebaran nanti. Ngeri nanti ada yang komen Ade kurus atau kecil. Ish! bisa tak sambet clurit itu yang ngomong!

Update MPASI

Sekarang MPASI makin nggak pake resep dan nggak terlalu mendapat porsi perhatian besar seperti sebelumnya. Ade harusnya udah makan hampir semua jenis makanan. Tapi makanan laut belum dicobain. Sempet hampir beli salmon, tapi batal karena mahal.

Diet kalori tinggi masih dilakukan untuk meningkatkan berat badan. Tapi selalu dibarengin dengan sayuran juga agar sesuai dengan pedoman gizi seimbang dan penyerapan makro dan mikro nutrient-nya terjamin.

Harusnya, dalam sehari Ade ngemil 2 kali, di luar makan berat. Tapi sekarang baru bisa 1 kali siang hari di TPA. Soalnya Bubun bingung kapan nyelipin snack itu. Apalagi kalau hari libur. Beuh! nyuapin makanan utama aja perjuangannya minta ampun. Takutnya kalau snack sampe 2 kali, Ade nggak mau makanan berat. Maunya ngemil aja, yang kalorinya nggak semaksimal makanan utama.

Sekarang, Bubun lebih sering pake fasilitas over time di TPA. Supaya Ade bisa disuapin sama bu guru di sana. Bukannya Bubun nggak mau atau males, atau putus asa (eh, yang terakhir itu iya juga sih)… tapi kalau sama bu guru, makanannya selalu habis lho! Kan lumayan kalau makan siang dan malam habis. Berarti Ade makan lebih dari 240 ml makanan padat sehari. \(^^)/

Oh iya, tekstur makanan Bumi makin padat. Nasi timnya kadang malah hampir kayak nasi biasa, karena Bubun salah ngukur airnya. Hehe… Sayuran juga udah dicacah. Tapi hari ini, gara-gara telat bangun, si caisim kasar banget, sampe kegedan. Duh, mudah-mudahan Ade nggak kesedak deh hari ini. Selain itu, komposisi daging hampir sebanding dengan proporsi nasi/karbohidratnya.

Update Motorik

Meskipun menurut Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP), Ade udah memenuhi kategori 9 bulan, tapi tetep aja Bubun deg-degan karena Ade belum bisa duduk sendiri di akhir usia 8 bulan kemarin. Setelah ikut seminar tumbuh kembang di Sasana BIC beberapa waktu lalu, Ayah dan Bubun rajin menstimulasi Ade duduk sesuai dengan arahan dan langkah-langkah yang diajarin oleh terapis di sana. Hasilnya?

Ade bisa duduk sendiri tanggal 18 Juni 2013 di TPA. Dapat kabar dari bu guru, Bubun girang banget mau sujud syukur (tapi malu karena lebay). Malemnya, Bubun cerita sama Ayah. Eh, lagi ngobrol gitu, tiba-tiba Ade duduk sendiri dari posisi tengkurap! Langsung heboh dong kita… dan sigap nan licah ngerekam (teteeuup!).

Sejak saat itu, Ade doyan banget duduk sendiri. Dikit-dikit duduk. Antara mau pamer dan seneng dengan kemampuan baru. Suka nggak merhatiin juga belakangnya ada apa atau siapa. Asal mau duduk aja. Dan setelah berhasil duduk, biasanya langsung tepuk tangan. Hihi.

IMG_2345

IMG_2346

IMG_2354

IMG_2353

Maap, nggak nemu foto duduk tegak setelah adegan di atas.. pssttt, maap ya Bunda Raya yang ke-capture fotonya😀

Selain itu, Ade juga udah diberdiriin sama bu guru di TPA sejak akhir usia 8 bulan.

IMG_2182

IMG_2160

Ayah dan Bubun juga pernah berdiriin Ade di crib.

IMG_2215

Itu ya… Ade megangin teralisnya kencengg banget! Sampe susah ngelepasin tangannya. Kayaknya Ade takut jatuh deh. Kecian. Hihi.

Sekarang PR-nya adalah menstimulasi Ade untuk merangkak. Karena meskipun posisinya udah onggoh-onggoh, Ade belum maju. Kalau mau ngambil barang, Ade make cara merayap yang ngeliatnya kok capek banget gitu. Kalau udah merangkak sepertinya Ade akan lebih mudah untuk nyoba berdiri sendiri. Bismilah, take your time ya De! Pelan-pelan asal selamat dan berhasil.

Selain itu, Ade juga udah makin pinter tepuk tangan. Kalau awal-awal tiap disuruh tepuk tangan, Ade suka marah-marah (tapi tetap tepuk tangan)… sekarang udah bisa tepuk tangan sambil tersenyum.😀

Selamat ulang bulan Ade Bebi Romeo Bumbum BalaBala (bukan bakwan)!

IMG_2296

Ps: 3 bulan menuju usia setahun, Bubun kok deg-degan ya… deg-degan mau bikin dessert table, DIY Cake Birthday dan DIY goodie bag… Eeeaaa!


3 Comments on “Bumi 9 Bulan!”

  1. nyonyasepatu says:

    Wahhhh senengnyaaaa ya, semoga sehat2 trus yaaa

  2. draguscn says:

    Terimakasih linknya.

  3. zefatsani says:

    bunda di artha wildan kah?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s