Bumi grows so fast!

and so does Langit…

Tumbuh Kembang Bumi

Dibandingkan masa-masa suram dulu, di usia Ade yang ke-7 bulan ini Bubun agak tenang. Mungkin karena udah mpasi dan kesehatan membaik. Secara sebelum MPASI kan Ade minum ASIPnya dikiiit karena nggak suka dot dan nggak suka ASIP Bubun juga (padahal saudara-saudara sepersusuan Ade pada lahap minum ASIP Bubun… Hiks). Senengnya yang fresh from sumber aslinya.๐Ÿ˜€

Meskipun berat badan Ade masih seret dan naiknya ‘cuma’ sekitar 200 gram dalam kurun waktu 3 minggu. Selain itu, perkembangan motorik kasarnya masih jadi PR banget buat Bubun. Soalnya belum ada perkembangan signifikan. Kalau di usia 3 bulan Ade baru bisa tegak lehernya kalau tengkurap dan di usia 5 bulan baru bisa tengkurap sendiri, maka di usia 7 bulan ini… hmmm… belum bisa merayap/ngesot dengan posisi tengkurap seperti temen-temen di TPA. Tapi udah bisa ngangkat badan sampai perut kalau lagi tengkurap, kayak mau push-up. Hihi.

Oh iya, udah bisa duduk sendiri tanpa penyangga meskipun belum tegak.

Bumi duduk

Tapi kalau di High Chair di restoran sih udah cukup tegak:

IMG_1033

IMG_1038

IMG_1044

Di usia 6 bulan kemaren, akhirnya Bubun beliin Bumbo Chair dengan tray karena Ade belum bisa duduk tegak sementara kalau memperpajang sewa, rasanya sayang banget udah 3 bulan disewa, biaya yang keluar udah bisa beli kursinya sendiri. Bumbo Ade yang berwarna kuningnya, meskipun dibeli second, tapi kondisinya masih bagus banget dan terawat karena dipake cuma 3 bulan sejak dibeli pertama kali oleh pemilik sebelumnya. Belinya lewat twitter. Bubun nanya ke @tentanganak, yang kemudian me-retweet itu ke seluruh followernya. Eh, nemu satu yang nawarin dengan harga murah. Alhamdulillah, rejek Ade. Ntar kalau Ade udah bisa duduk tegak, kayaknya mau dijual kembali terus beli high chair.

Kalau perkembangan motorik halus, kayaknya udah mulai terbangun ya karena Ade makin aktif menggengam. Koordinasi tangannya juga sepertinya bagus. Tapi jadinya sekarang tiap saat maunya megangin apa-apa. Termasuk panci. Hihi. Suka nepuk apa-apa yang ada di dekatnya juga. Seperti bahu Ayah, paha Bubun, pipi Bubun… ^^

Selain itu, Ade makin aktif ngoceh. Makin ke sini makin jelas ‘dada-tata-bubu’ nya. Udah jago menggeleng juga. Utamanya kalau udah kenyang atau nolak makan. Fiuh!

Karena agak khawatir dengan perkembangan motorik kasar Ade, sewaktu imunisasi DPT-HIB-Polio III (yang udah telat/mundur karena sempet bolak-balik sakit sebelum mpasi dulu) hari Jum’at lalu, Bubun nanya ke dr.Tiwi, apakah perkembangan Ade ini masih tergolong normal. Katanya sih masih normal.

Bubun nanya lagi, kira-kira selain ISK, TB, dan defisiensi zat besi…. ada kemungkinan/indikasi apa lagi alau berat badan di bawah normal. Kata dr. Tiwi, kemungkinan lain adalah pertumbuhan nggak bagus. Ya sudah, Bubun minta direferensikan ke klinik tumbuh kembang.

Ya, sebenernya udah dari usia 3 bulan Bubun udah niat mau bawa Ade ke klinik tumbuh kembang. Udah nyari info sana-sini. Bahkan udah nyimpen brosur salah satu klinik tumbuh kembang di daerah Rawamangun. Tapi karena Ade sempet sakit ispa/batpil berulang beberapa bulan lalu, akhirnya fokus lebih ke bagaimana mengambalikan kesehatan Ade dulu. Ndilalah, bulan lalu Bubun denger kalau RSIA Bunda membuka klinik tumbuh kembang, dengan dr. Tiwi sebagai koordinatornya. Jadilah Bubun sekalian nanya (padahal udah tahu), klinik tumbuh kembang adanya di mana.

Lantas, dr. Tiwi melakukan semacam tes dengan memposisikan Ade seperti terbang di gendongannya. Menurut dr. Tiwi, beliau sedikit concern dengan refleks %^&* (lupa istilahnya apa) yang belum ada. Sepertinya otot Ade masih lemah.๐Ÿ˜ฆ Duh, mudah-mudahan ini karena kurang stimulasi aja.

Bubun nanya juga, di klinik tumbuh kembang nanti, Bubun ketemu dokter siapa. Katanya ke dr. Rini Sekartini, dokter spesialis anak untuk tumbuh kembang. Nantinya juga bisa ke dr. Luh untuk stimulasi. Kayaknya yang disebut dr. Luh ini adalah Dr. Luh K. Wahyuni, Sp.RM. Selain itu, katanya nanti juga Bubun bisa ke dr. Klara (Kayaknya ini dr. Klara Yuliarti, Sp.A) untuk cek gizi. Tapi dr. Klara ini lagi cuti hamil dan baru praktek lagi bulan Juni.
Lalu dokter ngetes Ade dengan diposisiin kayak terbang-terbangan ala superman. Katanya itu salah satu jenis tes tumbuh kembang. Sesudah itu, kata dr. Tiwi “Saya agak khawatir dengan refleks $%#& (Bubun lupa istilahnya), kayaknya ototnya masih lemah.”

Terus Bubun curhat tentang ketakutan Bubun kalau Ade sampai gagal tumbuh dengan kondisi berat badan, growth chart dan perkembangan motorik Ade seperti itu. Kata si dokter “Jangan negatif Bu, kita tetap optimis. Tapi juga terus berusaha untuk mencapai kondisi anak yang lebih baik.”

Jadi, dengan mengantongi surat itu, hari ini Bubun bikin appointment dengan dr. Rini. Setelah ceki-ceki latar belakangnya, Bubun agak gimanaa gitu. Soalnya baca di sini, beliau pernah mengadakan penelitian tentang Isomaltulosa. Istilah itu akrab di telinga Bubun lewat iklan-iklan susu bayi/balita di TV. Tak salah, karena penelitian itu sepertinya didukung oleh salah satu merek susu. ini bukannya Bubun anti susu ya. Cuma kan Ade udah ketahuan alergi protein sapi yang bikin Ade Dermatitis Atopik parah seperti ini:

Mana dulu pernah ada drama pemaksaan pemberian sufor oleh kakek nenek. Jadinya, Bubun trauma kalau Ade dihubung-hubungkan dengan susu. Apalagi susu yang difomulasikan, difortifikasi atau diperkaya zat-zat. Kalau seandainya memang kondisi Ade membutuhkan sufor karena kondisi medis ya nggak apa-apa. Tapi kalau sebenernya nggak perlu tapi ‘dipaksain’, kan Bubun juga nggak mau. Bubun juga termasuk orang yang percaya bahwa susu itu bukan segalanya dan yang paling penting adalah makanan. Toh konsep 4 sehat 5 sempurna (yang dicetuskan oleh Ayah dr. Rini yang juga merupakan dokter spesialis anak), saat ini sudah direvisi tidak lagi menjadi acuan gizi di Indonesia. Setahu Bubun sih, pengganti konsep tersebut adalah gizi seimbang. Belakangan ada juga konsep ‘My Plate’ yang justru lebih sederhana lagi dari gizi seimbang.

Ya sudahlah, dicoba dulu konsul ke beliau. jika memang gimana-gimana, nanti Bubun ke dr. Luh dan dr. Klara juga untuk evaluasi.

Ada satu dua orang yang nanya ke Bubun: “Untuk apa ke klinik tumbuh kembang segala?”
Mungkin bagi sebagian ornag, kelihatannya berlebihan. Tapi Bubun nggak mau nanti justru jadi telat karena Bubun nggak tanggap terhadap tumbuh kembang Ade. Lebih baik dievaluasi sejak dini. Jadi, kalau ada satu dan lain hal, bisa segera diatasi. Soalnya, sependek pengetahuan Bubun, deteksi dini penting banget untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Cuma, kok di surat pengantar dr. Tiwi untuk dr. Rini, ada kalimat seperti ini:
IMG_1166

*nangis di atas gedung* *kayak drama korea* *terus Ayah datang meluk dari belakang*


7 Comments on “Tumbuh Kembang Bumi”

  1. Andika Widya says:

    eh mba cit…itu apa tulisannya? aku ga bisa completely baca… artinya apo itu mbak?
    *pukpuk bubun* ayooo semangat bun..ade bumbumnya sering dibantuin/distimulasi mungkin yaa.. devdan juga baru bisa bolak/balik tengkurep pas 5 bulan, padahal temen satu DC nya yg lbh kecil udah pada jago-jago *hikz* =( , tapi alhamdulillah habis itu ngesot/merayap sampai ke titah-titahnya cepet banget.., dulu sih suka iseng mancing-mancing dia biar mau merangkak dsb.. semangaaat terus bundaa..^^

    • citralwi says:

      Itu tulisannya: “Gizi kurang”๐Ÿ˜ฅ
      Iya ya, di daycare kok pada cepet-cepet banget ya?
      Oalaa.. skrg Devdan udah merayap dan titah? Wuaa kereenn… Semoga Bumi bisa ikutan kayak kakak Devdan, aamiin.. :’)

  2. […] kata tante terapisnya, dia ngambil foto dari googling. Hehe. Nyasar di ‘surat’ yang itu deh […]

  3. putri says:

    Kak… Bumboo nya mau dijual lagi gak ??๐Ÿ™‚

    • citralwi says:

      Iya nih, kayaknya mau dijual dalam waktu dekat soalnya Bumi udah nggak mau duduk di Bumbo. Maunya merangkak dan berdiri. Udah lasak bener๐Ÿ˜€

  4. […] tubuh juga meningkat. Tapi sayangnya, hal ini cuma berlangsung beberapa saat. Masuk usia 8 bulan, pertumbuhan Bumi stuck. Khususnya berat badannya. Kalau panjang badan, masih on track pada persentil 50% di growth chart […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s