Bumi grows so fast!

and so does Langit…

Antara Sleepywrap, Beco Gemini dan Ergo Baby Carrier

Salah satu hal yang Bubun sesali selama beberapa bulan terakhir ini adalah: Kenapa nggak beli gendongan dari dulu..?

Sewaktu berusia 1,5 bulan, Ade sudah mencapai 2x berat lahir, yaitu sekitar 5,5 kg. Lumayan pegel gendonginnya. Apalagi di usia segitu, Ade lagi seneng-senengnya posisi berdiri. Sebenernya usia segitu, Bumbum udah dapet lungsuran dari temen Ayah berupa wrap yang mereknya… apa ya..? lupa. Pokonya produksi lokal. Sebut saja, ‘unbranded wrap’. Sayangnya karena Ade itu cepet banget panjangnya, begitu dicobain posisi craddle, eh langsung ngamuk karena badan kelipet. Ditambah lagi, karena lungsuran, wrap-nya udah agak melar. Jadi, melorot gitu Ade kalo digendong. Mau dicobain posisi berdiri, Bubun masih takut. Soalnya ngeri tulang Ade masih rapuh dan bisa bikin struktur tulang kaki Ade nggak tumbuh sempurna. Ya itu ketakutan dari hasil analisis sotoy sih. Tapi tetep aja, ngeri.

Begitu masuk TPA, Bubun harus kerja lebih keras lagi. Karena gendongin Ade dan berjalan dari parkiran ke TPA selama 5-8 menit, cukup membuat linu ternyata. Hehe. Sebenernya udah kepengen banget beli sleepy wrap atau SSC (Soft Structure Carrier) yang bisa buat gendong posisi ‘berdiri’ sejak saat itu. Tapi, Bubun bersikukuh untuk menunggu sampe Ade usia 4 bulan. Kenapa mesti nunggu selama itu? Soalnya baca-baca, pendapat yang konservatif bilangnya untuk digendong posisi seperti itu, baiknya bayi berusia 4 bulan dulu. Karena Bubun orangnya takutan, jadi ngikutin pendapat ini.

Menjelang usia 4 bulan, Bubun nyari rental carrier seperti yang pernah Bubun ceritain dulu itu. Terus nyobain si unbranded wrap sebagai perbandingan juga. Tujuannya untuk mencari carrier yang paling cocok untuk Ayah/Bubun dan Ade. Kira-kira gini gambaran hasil pemakaian beberapa gendongan modern itu:

1. Unbranded Wrap

DSCN6298

Kalau dulu dengan posisi craddle Ade ngamuk, maka digendong posisi ‘berdiri’ gini, Ade lumayan nyaman. Meskipun Ayah dan Bubun berjibaku nyeting wrap tersebut sebelum dipakai. Soalnya panduan di kertasnya kurang jelas. Setelah baca panduan bobita wrap (yang rasanya nggak beda jauh dari si unbranded wrap ini) di sebelah sana, akhirnya berhasil juga Ade digendong. Tapi Bubun ngelihatnya masih kurang nyaman karena bahannya kurang elastis.

DSCN6352

DSCN6355

Eh tapi sempet juga tertidur pake gendongan ini lho. Berarti emang ini posisi wuenak buat bayi, seperti yang sering dibilang ibu-ibu di forum-forum internet.

2. Sleepywrap

Bubun pernah baca, kalau di antara wrap yang ada, Sleepy Wrap (Sekarang namanya Boba Wrap) ini yang paling bagus bahannya (dan paling mahal). Bubun nyewa dari momiooshop. Awalnya untuk 1 minggu. Tapi terus, Bubun perpanjang sebulan lagi.

DSCN6361

Kalau secara kenyamanan… nyaman banget buat Ade. Ada masa-masa di mana kalo ngantuk Ade, suka rewel dan nggak mau nyusu. Digendong sama Ayah pake sleepywrap ini, bisa langsung tidur. Kayaknya pules banget deh. Tuh lihat…

DSCN6362

DSCN6395

Digendong ke TPA juga enak buat Bubun. Mantep posisinya dan ngga berat sama sekali. Cuma kadang-kadang, Bubun suka ngeri bagian leher Ade kayak nggak tertopang seluruhnya. Kalau lagi aktif, Ade kan suka tengadah tiba-tiba dengan punggung melengkung ke belakang. Kelihatannya bahannya strecth tapi yang nahan leher banget gitu. Eh, gimana ya jelasinnya…?

Akhirnya setelah nyewa ini, Bubun belum mutusin untuk beli, karena selain alasan takut terjungkal ke belakang itu, masih repot dengan cara pasangnya. Sebenernya sih bukan masalah repotnya ya. Tapi bahannya yang panjaaang banget itu jadi kurang praktis. Masukin Ade ke dalam gendongan juga Peer banget. Kadang suka sampe keringetan kalau nggak ada Ayah yang bantuin.

photo(13)

Oh iya, kalau secara bahan, jelas sleepywrap ini lebih lentur dan kuat dari yang unbranded wrap tadi. Pernah waktu pake si unbranded wrap, paha Ade rada merah gitu. Nah, kalo sleepy ini, nggak bikin merah sama sekali.

photo(18)

3. Beco Gemini Overall-Robot Carrier

Belum selesai nyewa sleepywrap, Bubun rental Beco ke langitbiru. Kenapa nggak nunggu sleepywrap-nya selesai dirental? Soalnya pas banget saat itu, Beco lagi available, baru dibalikin sama penyewa sebelumnya. Bubun mikirnya, ya daripada keduluan sama orang lain. Mending buru-buru deh.

Secara keseluruhan, Beco ini cukup praktis dan terlihat sturdy. Motifnya lucu dan Ukurannya pas untuk Ade yang masih mungil. Cara pakainya juga banyak. Bisa bayi ngadap depan, ngadap belakang, gendong samping dan gendong belakang. Bagian lehernya bisa nopang leher bayi dengan baik. Selain itu, bagian penopang pantatnya juga keliatan kuat.

Tapi di petunjuk pemakaiannya, tali bagian belakang disilang. Jadi sebelum dipakai, talinya klewer-klewer gitu. Sama Mbak Indie yang punya rental, carrier disetting seperti Ergo yang tinggal disampirkan di bahu. Tapi mungkin karena itu bukan setting aslinya, Bubun ngerasa lebih mantep kalau pake dengan tali disilang.

Terus, apa karena desainnya yang ‘sturdy’, jadinya nggak ‘lentur’. Kalau lagi nggak bisa dijemput Ayah dan kita terpaksa pulang naik taksi, Ade kelipat badannya begitu kita masuk ke taksi dengan posisi Ade masih dalam gendongan. Intinya, Bubun nggak bisa gendong Ade sambil duduk. Apalagi kalau duduknya agak miring. PeeR banget deh kalau naik taksi itu. Karena Ade kelipet badannya, Bubun harus cepet-cepet buka si carrier. Masalahnya… bukanya susaaah banget. Carrier ini ada pengaman berupa ‘tombol’ untuk bukain ‘ceklekan’ di pinggang. Itu keraaaas banget. Sampe bercucuran keringat tiap buka. Kalau Ade dikeluarin dari gendongan sebelum masuk ke taksi, talinya bakal klewer-klewer. Bubun takut kesandung tali itu. Ngeri kan kalau kejadian? Bisa jatuh kita. Mana kotor jadinya kan ya. Duh.

Masukin Ade ke dalam gendongan nggak seribet ngeluarinnya. Tapi ceklekan samping juga rada keras ya. Masih kurang sreq nih Bubun sama carrier ini.

photo(14)

photo(15)

Kalau di dalam gendongan sih, Ade kayaknya nyaman. Apalagi kalau lagi bosen, digendong ngadep depan seperti ini, Ade seneng banget karena bisa melihat dunia lebih luas:

DSCN6341

Tapi posisi ini nggak bisa lama-lama ya. Soalnya nggak bagus untuk paha Ade karena nggak ngikutin posisi natural bayi, yang menurut beberapa referensi adalah gaya kodok (Frog). Kadang juga punggung Ade kayak melengkung gitu kalau posisi ini. Ngilu lihatnya.

DSCN6345

4. Ergo Baby Galaxy Grey Carrier

Berhubung belum puas dengan performance gendongan sebelumnya, Bubun nyewa Ergo Baby Carrier. Carrier ini emang yang paling populer di Indonesia selain Boba. Tapi harganya yang mahal, bikin Bubun harus nabung dulu sebelum bisa belinya. Tapi Bubun baca-baca, ada juga yang ngerasa lebih cocok pake Beco atau Boba. Setelah dipakai selama sebulan…

photo(12)

DSCN7192

Bubun ngerasa cocok banget. Ayah pun sama.
Bumbum Ergo

DSCN6853

Dipake waktu nganterin Ade inhalasi di RSIA Bunda Menteng

Ergo ini nyaman buat Ade. Meskipun buat orang yang nggak ngerti, ngelihatnya “Kok itu bayinya ngangkang banget sih? Emang nggak apa-apa?” Cencu sajaa tidak apa-apa, tante-tante… soalnya Ergo ini dirancang sehingga bayi digendong dengan posisi Frog yang aman untuk bayi dan tumbuh kembangnya.

Bubun dan Ayah gendongnya juga enak. Nggak bikin cape. Paling penting, Ayah/Bubun bisa duduk sambil gendongin Ade. Horee!
Ngelepasin gendongannya juga jauh lebih gampang daripada Beco. Nggak aman dong? Eh, jangan salah. Ada pengaman ‘ceklekan’nya juga kok. Tapi dia bentuknya kayak karet penahan supaya nggak lepas. Beda dengan Beco yang bentuknya tombol super keras itu. Hihi.

Emang sih, Ade nggak bisa digendong madap depan dengan carrier ini. Tapi toh gendongan madep depan juga nggak boleh lama-lama.

Final words: “Udah tahu mau beli gendongan apa! Ergo ajuah!”

Nggak mau nyobain Boba? Tadinya. Tapi dipikir-pikir, semakin lama ditunda makin kecil nilai guna dari carrier yang bakal dibeli nanti. Ya sudahlah.
Karena sewanya belum selesai dan Bubun masih nabungin duit Ergonya, Ade dibeliin drooling pad-nya dulu. Hihi.

Enggak deng. Jadi, waktu dapat carrier-nya dari Langit Biru, penampakkan ergonya nggak terlalu bersih. Sementara si Ergo harus segera dipakai. Mana Ade seneng banget gigit-gigit bagian lengan gendongan itu lagi.. Jadilah cepet-cepet beli si drooling pad dari Kenmomshop. Awalnya mau beli yang organik. Tapi nyari-nyari di Online Shop nggak ada yang stoknya available. Ada yang organik, mereknya Boba. Katanya nggak apa-apa kalau drooling pad-nya Boba dipake di Ergo. Tapi ntar 100% fit. Jadi, beli drooling pad Ergo yang original aja (terbuat dari cotton biasa).

Nah, sekarang tinggal nentuin deh mau beli Ergo jenis apa. Ada banyak banget varian Ergo ini. Nggak kayak carrier lain yang paling beda di bahan organik atau non organik dan beda di motifnya aja.

One thing at one time ya. Nantikan cerita selanjutnya. ^^

DSCN7190


17 Comments on “Antara Sleepywrap, Beco Gemini dan Ergo Baby Carrier”

  1. Mbak, mau tanya dong, posisi digendong pake ergo itu usia berapa bulan, ya? Anakku usianya baru 3 bulan, belum berani gendong posisi gitu…blognya bagus, tks yaaa

    • citralwi says:

      Hai Mbak Rani…
      Posisi yang ‘berdiri’ ya? Baca-baca, paling aman katanya usia 4 bulan. Tapi banyak juga yang udah makein sejak usia Newborn (dengan tambahan insert).
      Di TPA, ada temennya Bumi udah digendong gitu sejak usia 2,5 bulan. Sampai sekarang tampaknya sih baik-baik aja.

      • Hehehe..siiip deh, berarti ada waktu sebulan lagi deh buat nabung beli ergo…ngecengin ergo juga nih, kayaknya enak banget makenya, pengen ngajak Fathan jalan pagi-pagi di car free day ;op

  2. […] Antara Sleepywrap, Beco Gemini dan Ergo Baby Carrier → […]

  3. sandra says:

    Makasih reviewnya.. aku jadi nyontek ikut2an beli ergi baby hehehe…

  4. Lusi says:

    Bun, mau tanya donk number contact’nya momiooshop….disana bisa sewa dl ya bun?tq

  5. reny says:

    Mbk mau tanya nih
    Anakku umurnya 3bln, aku sdh beli ergo baby jg. Tp serius gpp umur 4bln digendong posisi berdiri alias ngangkang bgt gitu? Pernah aku cobain ke bayiku emang ngangkan bgt gitu, sempet khawatir trus buru2 aku turunin. Tp kok ya anaknnya cengengesan pas digendong🙂

    • citralwi says:

      Hai Reny! Iya, aku baca di berbagai referensi, emang posisi ngangkang itu yang paling aman dan ‘sehat’ untuk bayi. Nggak pernah ada cerita bayi-bayi yang digendong pake ergo lantas jadi aneh jalannya. Bumi juga so far bentuk kakinya baik-baik aja. AKu ngelihat bayi-bayi di TPA yang pake ergo juga sekarang jalannya bagus. Normal-normal aja. Eh, kalo diperhatiin, model gendong bayi di samping pinggang pake jarik dari jaman ortu kita dulu juga rada ngangkang kan? Jadi kayaknya sih, aman. HTH ya!

  6. sefri says:

    mbak numpang promo ya..
    Aq jual ergobaby yang non ori, 300ribuan ajah..
    Bisa di cek di http://www.facebook.com/dunianyasefri
    SMS/WA 081285853354
    Thank you mbak..🙂

  7. Sinta says:

    Mb emangnya beli ergobaby yg ori atau non ori? Aq juga mo beli, tpi beda antara ori & non ori lumayan!

    • citralwi says:

      Hai Mbak Sinta. Aku beli yang original di little hannah shop soalnya aku nggak tahu kualitas yang non ori seperti apa. Memang sih harganya lumayan. Tapi kalau beli yang non ori, ntar nggak bisa dijual lagi dong. Eh nggak tahu juga deng. Soalnya kalo jual lagi, harganya pasti jauh dari belinya. Daripada beli yang second non ori, orang akan milih untuk beli yang baru aja. Yakin bisa dijual lagi ergo original yang second, soalnya nyari2 di forum, cepet banget lakunya. Jadi, insya Allah nggak rugi beli yang original. Hehehe.. jadi panjang gini😀

  8. Prita says:

    mbak,mau nanya. sewa ergo-nya dimana.aku nyesel beli hanaroo, udh panjangnya 10 meter, nyetting berdua aja juga peer. thanks yaa🙂

    • citralwi says:

      Mbak Prota, aku baru lihat comment-nya. Telat banget yaa..?
      Dulu sewa ergo-nya di langit biru rental. Tapi dia harganya di atas pasaran sih. Aku nggak gitu merhatiin dulu. Kayaknya masih lebih murah bambino piccolo atau bayibayiku deh.
      Iya, yang model wrap begitu peer banget, makan waktu. Meskipun lama-lama bakal terbiasa juga sih. Tapi emang kurang praktis kalau menurutku.

  9. INFO PENTING says:

    memang menjadi manusia modern harus bisa memanfaatkan setiap waktu baik dengan bayi maupun dengan dunia luar..alat gendongannya bagus-bagus ya..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s