Bumi grows so fast!

and so does Langit…

5 Months already

21 Februari 2013 kemarin, Ade genap 5 bulan.

‘Menyambut’ ulang bulan ini, Ade kena batuk pilek lagi. Seperti waktu pertama kali dulu, langkah awal yang Bubun lakukan adalah home treatment:
1. Terapi Uap (Air panas ditaruh di wadah, lalu diberi tetesan minyak kayu putih atau minyak telon. Kemudian, wadah tersebut diletakan di pojok kamar agar uapnya bisa dihirup oleh Ade)
2. Jemur tiap pagi (tapi sekarang musim hujan, jarang banget bisa dapat matahari pagišŸ˜¦ )
3. Balur transpulmin BB di badan dan tetesin breathy ke hidung Ade (eh, ini termasuk home treatment ya?)

Karena udah pernah ngalamin ini sebelumnya, dan kejadian sebelumnya itu meninggalkan trauma mendalam karena lama dan ada kejadian Ade sampe sesak susah napas (duuh.. nggak lagi-lagi ya Allah please…), kali ini Bubun lebih sigap. Di hari ke-4 home treatment belum membuahkan hasil, Ade udah Bubun kasih mucopect (sesuai resep dulu itu). Karena nggak menunjukkan perubahan, kita pun ke dr. Tiwi. Padahal baru juga seminggu lalu ke beliau untuk kontrol rutin (dan dikasih lampu merah untuk berat badan AdešŸ˜„ )

Seperti biasa, sebelum masuk ke ruang periksa, Ade ditimbang dulu. Bubun udah deg-degan karena hampir seminggu itu Ade susah banget nyusu. Mungkin karena batu dan hidung tersumbat. Di ruang tunggu, sempat ngobrol-ngobrol sama ibu-ibu lain yang anak-anaknya baru ditimbang dan semuanya naik berat badan secara signifikan. Setelah sampai gilirannya Ade ditimbang, Bubun nggak bisa menahan kegundahan lagi.

Iya, berat badan Ade turun lagi. Sediiihhh banget. Masa BB usia 5 bulan lebih kecil dari waktu usia 3 bulan!!

Akhirnya Bubun nangis deh di ruang tunggu. Udah nggak peduli lagi tatapan orang-orang.

Terus begitu masuk ke ruang periksa, dokter langsung cek. Terus ngomong:

“Wah, ini ibunya juga pilek ya?”
“Enggak dok. Ini nangis. Hiks.. hikss… huhuhu” *seka ingus*
photo

Diresepin ventolin puyer, Bubun pasrah. Karena udah tahu meskipun diagnosanya cuma common cold, tapi berdasarkan pengalaman sebelumnya, Bubun nggak mau lagi deh ngalamin masa-masa suram kayak dulu lagi. Nggak apa-apa deh dihujat ibu-ibu aliran keras dari milis yang sana itu karena ngasih puyer ke Ade. Lalu, Bubun pun minta agar Ade diinhalasi aja. Dokter setuju dan meresepkan ventolin + nacl.

dr. Tiwi juga akhirnya nyaranin Ade untuk MPASI dini. Di konsul sebelumnya, berat badan Ade dilihat ‘hanya’ naik 400 gram, yang mana menurut dr. Tiwi, di bawah range normal 450 – 600 gram untuk usia 4 bulan. Nah ini kan di usia 5 bulan malah turun. Jadi, si dokter bertitah untuk memulai MPASI saja. Sarannya sih, dimulai dengan beras putih. Buah nggak terlalu disaranin karena Ade lagi batuk. Sementara beras merah sering bikin bayi sembelit.

Jadi, keluar dari ruangan dr.Tiwi, kita tinggal melipir dikit ke ruang fisioterapi BIC. Untung lagi nggak ada pasien. Jadi, Ade langsung diinhalasi.

photo(10) photo(11)

Udah capek nangis, Bubun cuma bisa pasrah dalam kesedihan

Berbeda dengan waktu inhalasi di YPK sebelumnya, kali ini nggak pake masker (karena Bubun lupa bawa masker Ade, dan memilih untuk nggak pake masker di sana). Jadi diuapinya langsung dari selang. Dan kali ini, Ade Bumbum nangis ketika udah hampir 5 menit inhalasi. Kata dokter sih, lebih baik begitu. Karena makin banyak obat yang bisa dihirup Ade. Tapi ngenes ya lihatnya.

photo(9)

Apalagi waktu dipijat setelah inhalasi. Waktu di YPK sih cuma ditepuk-tepuk aja. Nggak dipijat heboh gitu. Alhasil, baru 5 menit, Bubun minta dihentiin aja pijatnya. Biar Ade nggak trauma.

photo(8)

2 hari kemudian, Ade diinhalasi lagi. Kali ini di IGD RSIA Bunda Menteng, minggu malam. Syukurlah, Ade nggak rewel. Cukup tenang selama diinhalasi. Mungkin karena pake masker yang uapnya nggak terlalu banyak terus nggak pake acara pijat heboh lagišŸ˜€

photo(6)

photo(5)

Sewaktu Ade diihalasi, ada juga kakak yang kira-kira umurnya 5 atau 6 tahun gitu yang juga diinhalasi. Tapi si Kakak itu begitu tahu mau diinhalasi, nangis kejer banget. Mungkin trauma karena udah pernah beberapa kali. Duh, kesian. Mudah-mudahan kalau udah gede, Ade Bumbum nggak perlu lagi diinhalasi. Nggak tega Bubun denger Ade nangis ih.


2 Comments on “5 Months already”

  1. […] Berat Badan yang terus menurun dan menyebabkan grafik pertumbuhan Ade nggak gitu bagus dan diperparah dengan penemuan Keton dalam urin Ade, akhirnya hari Minggu 10 Maret 2013 lalu atau […]

  2. […] ‘customer loyal’ dari layanan Fisioterapi Bunda International Clinic (BIC), akhir bulan Mei 2013 lalu Bubun, Ade dan […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s