Bumi grows so fast!

and so does Langit…

Hospital Tour (Part 5 – Last): RSIA YPK Mandiri

Sebenarnya, Bubun dari awal nggak kepikiran buat lahiran di sini. Karena RS ini nggak punya fasilitas waterbirth. Tapi, Ayah yang fans berat dr. Yusfa, pengennya Ade lahir dibantu si dokter di RS ini. Untuk itu, Ayah pun ngebujuk Bubun untuk mempertimbangkan kemungkinan lahiran di sini.

Jadi waktu kontrol minggu ke-32, sembari menunggu antrian dr. Yusfa, Bubun ngajakin Ayah untuk hospital tour di RSIA YPK. Sama seperti di Bunda, suster-suster di sini juga ramah dan memberi info yang lumayan lengkap. Pada kesempatan itu, kita sempat ngeliat kondisi Kamar Kelas 1 (cuma ngeliat bentar dan lupa difoto), Kelas 1 Utama, Kelas VIP dan VVIP.

Kamar Kelas 1 Utama (Anggrek)

Kamar kelas VIP (Aster)

Kamar VVIP (Anyelir)

Kenapa lebih banyak foto-foto kelas 1 Utama? Tentu saja karena kelas itu yang lebih mungkin untuk Bubun dan Ayah ^^ Oh iya, waktu ngeliat Kamar Anyelir ini, Ayah nanya-nanya ke susternya: “Sus, ini ya kamar tempat nginapnya Dian Sastro?” Bubun sampe membelalak karena malu. Eh, tak disangka Susternya mengangguk dan tersenyum. Ya iyalah, kamar Anyelir kan cuma ada 2 di RSIA YPK ini. Jadi, kemungkinan besar, Ayah dan Bubun bisa ngeliat kamar yang terkenal itu. Nggak cukup sampai di situ, Ayah juga nanya ke susternya tentang gosip yang beredar bahwa artis cantik itu menyewa sampai 4 kamar ketika bersalin di sini. Ternyata, setelah dikonfirmasi, gosip itu nggak bener. Yang bener… Ada deh! (Emang penting ya..? Hihi)

Selain itu, kami juga sempat ngeliat tempat persalinan dan ruang bayi, yang adanya di lantai 2.

Gambar yang di atas itu, delivery room khusus VVIP. Ada sofa buat keluarga yang nungguin, TV Plasma dan toilet sendiri. Kalau pasien kamar VIP mau bersalin di sini, bisa tapi nambah sejuta dua juta gitu kalau nggak salah..

Nah, pasien kelas lainnya bersalin normal di kamar ini:

Kalau soal harga, RSIA ini jauh di bawah harga RSIA Bunda Jakarta. Sebagai perbandingan, biaya partus normal untuk kelas Anyelir (VVIP) RS ini saja, sama dengan batas atas perkiraan persalinan normal di kelas Utama (Kelas 1) di RSIA Bunda. Ini daftar harga lengkap biaya persalinan di RSIA YPK Mandiri:

Meskipun secara keseluruhan biaya persalinan di RSIA YPK lebih murah, tapi kalau Bubun bersalin di sini, harus di Kelas I (Mawar) yang sharing dengan pasien lain. Itu yang ditanggung kantor Ayah (Kalau Bubun, jangan tanya.. namanya juga PNS ya dapatnya jamsostek… Coverage-nya di bawah kantor Ayah yang sektor swasta). Karena terkait aturan personalia, kalau mau di kelas Anggrek, Ayah dan Bubun harus nambah sendiri, sekitar 65% dari total biaya. Sementara, kalau di Kelas Utama RSIA Bunda Jakarta, semua biaya ditanggung full sama kantor Ayah. Termasuk jika lahiran waterbirth. Ayah sih sreq banget sama RSIA YPK Mandiri ini dan sempat kepikiran mau nambah biaya sendiri biar bisa di sini. Tapi setelah dihitung-hitung, sayang juga biaya segitu bisa buat nambah-nambah keperluan Ade yang lain.

Mungkin belum berjodoh ya.

Rumah Sakit Ibu dan Anak YPK MANDIRI

Jl. Gereja Theresia 22, Menteng Jakarta Pusat
Telp: (021) 3909725 (hunting)
Fax: (021) 3909806
http://www.rsiaypkmandiri.com



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s