Bumi grows so fast!

and so does Langit…

Hospital Tour (Part 3): Galenia MCC

Sejak bergabung dengan Group Gentlebirth Indonesia, Bubun udah tahu tentang keberadaan satu klinik persalinan di Bandung yang menerapkan konsep gentlebirth seutuhnya. Namanya Galenia Mom and Child Care (MCC). Hanya saja, karena adanya di luar kota, Bubun belum pernah melihat secara langsung kondisi kliniknya seperti apa.

Hari Jum’at tanggal 6 April 2012 lalu kebetulan bertepatan dengan perayaan Wafat Isa Al Masih, yang berarti cuti bersama, dan libur panjang. Bubun dan Ayah, memutuskan untuk ngikutin warga Jakarta lain yang berbondong-bondong liburan ke Bandung. Senengnya karena pada periode 5 – 8 April itu, digelar Baby and Kids Expo di Graha Manggala Siliwangi. Bubun yang hamil muda, semangat banget buat survei ke sana. Niatnya emang nggak belanja sih. Vendornya nggak terlalu banyak, tapi Bubun jadi tahu bentuk clodi itu seperti apa ^^ terus lihat-lihat paket pijat ibu hamil. Soalnya waktu itu pegel-pegelnya lagi memuncak.

And.. surprise-surprise!

Ada stand Galenia dong di situ. Bagus deh, ada kolam plastik dan TV plasma yang menayangkan persalinan waterbirth. Jadi, menarik minat para pengunjung.

Ketika lagi agak lowong, Bubun nyempatin diri untuk nanya-nanya ke customer service-nya. Asli! bikin mupeng banget. Pengen deh lahiran di sana. Ayah yang lagi nyari parkir pun kemudian nyusul. Sayangnya, pas rame lagi. Jadinya nggak bisa ngajakin Ayah untuk ikutan diskusi tentang gentlebirth. Apalagi saat itu, Ayah masih apatis banget sama konsep gentlebirth itu. CS-nya pun kemudian nawarin untuk berkunjung ke klinik mereka di Jl. Badak Singa, deketan sama kampus Ayah dulu.

Sesudahnya, Ayah dan Bubun sempat nonton bentar pemaparan tentang waterbirth dan gentlebirth dari Galenia yang diwakili oleh dr. Aviasti Pratiwi.

Pssst… yang pake baju warna putih itu Ayah, sibuk BBM-an. Nggak merhatiin pemaparan dokter. Bubun di sebelahnya. Tapi nggak kelihatan. Hihihi.

Pulang dari Siliwangi, Bubun meminta Ayah untuk nganterin ke Galenia. Untuk lihat penampakkannya sekaligus Bubun mau prenatal massag. Sesampainya di sana, Bubun takjub. Tempatnya homy bangettt. Nggak kayak klinik, boro-boro kayak Rumah Sakit.

Kamarnya ketika itu baru ada 3 buah, semua jenisnya sama (nggak ada sistem kelas) dan semuanya terisi pasien. Tapi Bubun ditunjukkin gambar-gambar kamarnya. Kecil sih, tapi baguuss.

Sayangnya, meskipun udah booked di stand mereka di Siliwangi, Bubun nggak bisa ngambil massage hari itu. Berhubung cuma ada satu bidan yang stand by, yang udah massage customer dari pagi dan nggak bisa nerima lagi. Sedangkan bidan yang satunya lagi sakit jadi nggak masuk kerja.

Pas ngobrol-ngobrol sama customer service di situ, Ayah kayaknya kurang impressed. Cuma waktu liat harganya aja dia membelalak karena murah banget, dibandingkan Rumah Sakit di Jakarta. Per April 2012, harganya sebagai berikut:

  • Persalinan Normal : Rp 2.500.000,00
  • Persalinan Water Birth : Rp 5.000.000,00
  • Partus Normal dan Lotus Birth : Rp 5.500.000
  • Water Birth dan Lotus Birth : Rp 6.500.000

Harga di atas sudah termasuk:

  • Free pendampingan Hypno Birthing selama menunggu pembukaan lengkap
  • Ruang rawat inap VIP (Soalnya semua kamar sama, nggak ada kelas-kelasnya. Semua VIP)
  • Akomodasi (fasilitas inap dan makan) untuk 1 orang penunggu
  • Kolam air akan diberikan pasca persalinan,
  • Pemesanan makanan sesuai dengan selera ibu (tidak harus memesan yang tercantum di menu)

Ihhh.. mauuu bangetttt ya De!

Nah setelah Bubun tanya soal prosedur emergency, kalau tiba-tiba harus diambil tindakan cesar, proses rujuk ke RS-nya dan transfer ke sana gimana dan sebagainya, Ayah keliatan langsung pengen buru-buru cabut aja. Rupanya belakangan ketahuan kalau Ayah ngerasa, kurang safe aja dengan mekanisme emergency mereka. Yaha.. Ayah harus diedukasi banyak-banyak lagi nih soal filosofi gentlebirth.😦

Alhasil, besoknya waktu Bubun nawarin Ayah untuk ngambil promo selama pameran di Siliwangi, berupa gratis biaya booking sebesar Rp. 300.000,- Ayah menolak. Selain ngerasa kurang sreq, Ayah beralasan belum nanya ke bagian personalia kantornya, apakah persalinan di Galenia ini bisa dicover atau tidak. Lagian, kurang memungkinkan jika Bubun mau lahiran di Bandung dan berangkat dari Jakarta ketika tanda persalinan muncul, sebagaimana disaranin oleh CS di Galenia. Ayah takut nggak keburu dan macet selama perjalanan.

Oh iya, selain persalinan, Galenia ini juga nyediain beragam layanan, yaitu:

  • General Yoga
  • Prenatal Yoga
  • Pregnancy Massage
  • Layanan Praktek Bidan
  • Gentle Birth Preparation Class (GBPC)
  • Breast Care
  • Breastfeeding Center
  • Baby Spa & Baby Massage
  • Day Care & Preschool
  • Parenting School

Galenia Mom and Child Care

Jl. Badak Singa No. 8 Bandung, Telp. 0222501288
email : galenia.mcc@gmail.com
twitter : @galenia_mcc


2 Comments on “Hospital Tour (Part 3): Galenia MCC”

  1. capcaibakar says:

    senang bacanya.. aku lagi cari-cari info tempat lahiran yang gentle birth, pro asi, pro normal, dan tempat pijit di Bandung. Makasih bayak ya mbak infonya. Sehat terus buat suami dan Bumi.

  2. […] beberapa hari. Kita pun ikut dan sempet nyobain berenang (yang satu paket dengan Baby Spa) di Galenia MCC (itu lho, klinik bersalin yang tadinya Bubun kepengen banget lahiran di sana). Seneng banget karena […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s