Bumi grows so fast!

and so does Langit…

Prenatal Yoga + Senam hamil + Pilates + Hypnobirthing = FIT

Hai Ade,

Bubun lagi seneng nih. Ada beberapa hadiah kecil dari Tuhan di trimester ketiga ini buat Bubun:

  1. Berat badan Bubun nggak naik lagi, malah sempat turun sekilo. Tapi sejauh ini berat badan Ade cukup.
  2. Kaki Bubun hampir nggak pernah bengkak lagi
  3. Kram nggak pernah muncul lagi
  4. Sakit punggung dan pinggang berkurang drastis
  5. Badan berasa lebih fit

Kok bisa?

Hmm… kalau mengira-ngira, sepertinya itu karena Bubun rajin afirmasi dan meminta Ade agar bersama-sama sehat dan menjaga berat badan. Sewaktu didiagnosa overweight dulu, Bubun juga berusaha ngurangin porsi makan utamanya karbohidrat dan memperbanyak protein, sayur dan buah. Selain itu, masuk trimester ketiga Bubun rajin berolahraga: Yoga Prenatal,  Senam Hamil dan Pilates Prenatal. Relaksasi, afirmasi dan visualisasi melalui teknik hypnobirthing juga tetap digiatkan.

a. Prenatal Yoga

Sebenarnya, di minggu ke-28, Bubun pernah nanya ke dr. Yusfa: Boleh nggak olahraga, seperti yoga dan senam? si dokter ngijinin Bubun yoga. Tapi untuk senam hamil, lebih baik menunggu sampai usia  30 – 32 minggu saja. Tapi karena kesibukan, Bubun baru mulai yoga sejak minggu ke-30. Sebelumnya, Bubun sudah mencari tahu studio yoga yang menyediakan kelas prenatal. Di Jakarta sendiri ada beberapa pilihan:

  1. Jakarta Do Yoga
  2. Rumah Yoga
  3. Bikram Yoga
  4. Iyengar Yoga

Karena pertimbangan lokasi, Bubun memilih untuk mengambil kelas di Jakarta Do Yoga. Kebetulan masuk Bulan Ramadhan, ada diskon 20% untuk 5 sesi kelas. Dari harga paket Rp.  650.000, Bubun hanya perlu membayar Rp. 520.000,- saja. Mulai pertama kali ikutan kelasnya tanggal 21 Juli dan berakhir 27 Agustus 2012. Oh iya, harga segitu termasuk penggunaan props. Kita tinggal bawa diri, handuk kecil (buat lap keringat) dan air minum.

Tempatnya enak, tepat di lantai 3 Enkadeli Square di Jl. Sunda No. 7 Menteng. Psstt… di lantai 1 ada outlet Harvest. Untungnya Bubun nggak tergoda untuk beli-beli cake di sana. Kalau nggak.. bisa gagal total programnya. Hanya selemparan batu dari enkadeli square ada sarinah yang terkenal sejak tahun berapa itu… di dalamnya ada departemen store, hero dan foodcourt serta beberapa restoran fast food. Selain itu, dari mbak di bagian administrasinya baik dan ramah. Seminggu ada 2 kali kelas prenatal yoga, di hari Sabtu pagi (08.30) dengan instruktur Mbak Zilvi dan di hari Senin sore (17.30) dengan Mbak Meity.

Kalau kelas Mbak Zilvi, banyakan fokusnya pada strength sedangkan kelas Mbak Meity penekananhya pada stretching dan relaksasi. Jadi, kalau hari sabtu dipastikan keringatnya bisa seember-ember. Sedangkan hari Senin keringatnya lebih dikit dan pikiran yang fresh. Untungnya, Bubun pertama kali yoga dengan Mbak Meity, jadi nggak kagok begitu ikut kelas Mbak Zilvi (cuma ngos-ngosan ajah. hihi). Mbak Zilvi ini badannya mungil tapi padat dan kenceng. Bagus banget, bikin iri. Padahal udah punya anak satu lho. Ayah juga sampe nanyain ke Bubun, disangkanya Mbak Zilvi itu bule. Hihi. Kalau Mbak Meity bentuk badannya lebih curvy, nggak seatletis mbak Zilvi tapi seksi.

Props prenatal yoga: Yoga Mat, Bolster, Selimut, Balok

Ruang yoga yang luas

Ruang tunggunya lumayan cozy

Buat yang belum pernah yoga dan nggak pernah olahraga seperti Bubun, kelas prenatal yoga ini cukup berat awalnya. Tapi lama-lama jadi ketagihan. Soalnya, badan rasanya fresh banget. Anehnya meskipun terasa berat, Bubun nggak pernah tuh kontraksi atau kleyengan atau kram sepanjang sesi yoga. Padahal kalau masak sejam aja berdiri, dapet braxton hicks itu bisa dipastikan menyerang. Sejujurnya, Bubun rada nyesel karena nggak ikut kelas ini lebih awal. Padahal katanya sih, yoga ini aman buat diikutin Ibu hamil yang telah menginjak trimester kedua. Dengan catatan, kondisi bayi dan ibu sehat serta dapat ijin dari obgyn.

Satu sih kekurangan studio ini: kalau dari kantor Bubun di Lapangan Banteng, macetnya kayak apa… belum lagi pas di bulan Ramadhan kemarin. Beberapa kali Bubun batal ikut kelas karena telat😦 Pernah juga sekali waktu berhasil datang tepat waktu, eh.. mbak Meity-nya yang kejebak macet, jadi kelas dibatalin. Oh iya, satu lagi. Kalau dalam satu sesi ada ekspat yang ikutan, instrukturnya pake bahasa inggris waktu ngasih komando atau jelasin gerakannya.

Berhubung isntrukturnya batal datang, Bubun ditawarin sama mbak admin untuk relaksasi di ruang yoga sambil nunggu dijemput Ayah

Setelah paket yoga ini berakhir, kemarin Bubun pengen nyobain kelas Yoga di B For Mums and Mums to be di RS Bunda Internasional tiap hari Jum’at sore. Lebih muran, per sesi-nya Rp.120.000. Udah booking lho. Sayangnya kelas ini hanya bisa jalan kalau peserta yang daftar minimal 3 orang. Karena belum dapat konfirmasi sampai jum’at pagi, Bubun ikut ayah ke Bandung untuk ngurusin event kantornya. Eh, tahunya pas jam makan siang, Bubun ditelpon buat konfirmasi kedatangan. Yaaa… sayang sekali yah. Mudah-mudahan ada kesempatan sebelum Ade lahir.

b. Senam Hamil

Kata orang-orang, senam hamil itu nggak perlu. Buang-buang waktu, tenaga dan duit. Karena toh pada akhirnya apa yang diajarin di kelas senam tersebut, bakal kita lupain juga pas persalinan. Hmm.. Bubun sih kurang setuju ya. Kalau soal lupa teknik mengejan dan penapasan, Bubun nggak tahu. Tapi Bubun ngerasa, senam ini juga bantu badan jadi fit, ngurangin kram dan bikin rileks juga. Satu hal yang sampai sekarang masih jadi pertanyaan Bubun: kenapa senam hamil ini baru boleh dilakukan oleh Ibu hamil dengan usia kandungan 30 minggu ke atas? Soalnya gerakannya ringan banget, apalagi kalau dibandingkan dengan yoga. Cuma, mungkin karena ada latihan mengejan ya… Eh tapi, di kelas Senam hamil pun, Ibu-ibu yang belum menginjak usia kehamilan 37 bulan, nggak boleh praktek  mengejan juga lho. Terus, kenapa nggak boleh ya? Gerakannya anteng banget sih, kalo menurut Bubun.

Ada beberapa pilihan tempat senam yang direkomendasikan ibu-ibu yang pernah hamil:

  1. RSIA Tambak
  2. RSIA YPK Mandiri
  3. RSIA Bunda Menteng
  4. RSIA Kemang Medical Care (KMC)

Yang paling dekat dengan rumah adalah RSIA Tambak, YPK Mandiri dan Bunda. Tapi kalau RS Bunda, nggak terlalu banyak rekomendasinya. Yang paling banyak testimoni positif adalah Tambak dan YPK Mandiri. Menurut Tante Icha yang pernah nyobain kelas senam di kedua RSIA tersebut, yang paling sebanding antara harga dan fasilitas adalah RS Tambak. Soalnya dengan Rp. 35.000 per kelas, kita bisa dapat kelas yang lebih lama, teknik senam yang lebih kompleks dan dapat snack lagi (penting! hih). Lebih seru lagi kalau ambil paket 4 kelas senilai Rp. 120.000, kita dapat tambahan kaus gratis warna pink dan majalah parenting yang dikemas dalam goodie bag.

Yang hijau itu, goodie bag kalau beli paket senam hamil 4 kali kedatangan

Karena datangnya paling awal, bisa foto-foto ruangan dulu

Akhirnya, Bubun ambil 1 paket di RS Tambak. Tapi sempat ambil kelas lepasan juga minggu kemaren setelah paketnya habis, karena lagi bengong di rumah ngerasa butuh latihan otot lagi. Selain itu, hari sabtu lalu, Bubun juga ngambil 1 kali kelas senam di YPK, ngajak Ayah. Karena di sana kalau usia kehamilan 37 minggu ke atas, ada sesi latihan mengejan bareng suami. Kalau di Tambak nggak ada sesi bareng suami.

Bubun setuju sih dengan Tante Icha, kalau dibandingkan gerakannya, Bubun masih ngerasa yang di Tambak lebih top markotop. Soalnya kombinasi dengan gerakan pilates. Bahkan kalau kebetulan dapat instruktur hypnobirthing, gerakan senamnya juga dipadukan dengan teknik relaksasi dan afirmasi. di Tambak juga sesi gerakan senamnya lebih lama. Kalau di YPK, Susternya emang lebih banyak ngejelasin dan lebih sistematis juga dalam pemaparannya. Pesertanya lebih sedikit, paling sekitar 6 orang. Sementara Bubun di Tambak, pernah lebih dari 15 orang. Selain itu, jadwal senam di YPK lebih fleksibel dan banyak pilihannya. Sayangnya, Bubun lupa foto-foto selama sesi ngobrol-ngobrolnya.

Jadwal RSIA Tambak

  • Rabu: 16.00 – 17.00
  • Sabtu: 09.00 – 10.00

Jadwal RSIA YPK Mandiri

  • Senin – Jum’at: 16.00 – 17.00, 17.00 – 18.00, 18.00 – 19.00, 19.00 – 20.00
  • Sabtu: 09.00 – 10.00, 10.00 – 11.00, 11.00

c. Relaksasi, Afirmasi dan Visualisasi dengan teknik Hypnobirthing

Ini adalah cara benar-benar efektif dalam berkomunikasi dengan Ade. Bubun mau terima kasih ke Ade juga karena selama ini, kalau dimintain tolong sama Bubun, Ade mau nurut dan patuh. Diminta jaga berat badan, Ade manut. Meskipun waktu lebaran kemarin Bubun makannya agak kalap. Terus diminta ambil posisi bagus dengan kepala di bawah dan masuk ke panggul di minggu-minggu terkahir ini, diikutin. Minta jagain tali pusar dan jauh-jauh, eh.. dipegangin dong selama beberapa bulan. Begitu juga soal air ketuban dan kondisi kesehatan secara keseluruhan. Sejauh ini semua permintaan dan afirmasi Ayah dan Bubun dipenuhi. Alhamdulillah, mudah-mudahan bisa terus sehat-sehat dan sempurna ya De…

d. Latihan Yoga dan Pilates di Rumah

Karena paket yoga Bubun sudah habis, dan harga per kedatangannya lumayan mahal, Bubun akhirnya membeli DVD Prenatal pilates dan VCD Antenal yoga ini di Trimedia:

VCD Antenatal Yoga dan DVD Prenatal Pilates

Gerakan-gerakan di VCD antenatal yoga cukup bagus. Meskipun keliatan banget kalau dibuatnya tahun 90-an. Gambar, baju dan gaya rambut instruktur serta para model jadul banget ^^

Sedangkan DVD pilatesnya menurut Bubun agak kurang sistematis: abis gerakan berbaring, ada gerakan berdiri, terus balik lagi berbaring, kembali lagi berdiri… dan gerakannya cuma sebagai contoh, nggak buat diikutin karena hitungannya sebentar. Kalau yang yoga kan mirip-mirip lagi di kelas. Cuma nggak dibenerin posisinya secara langsung sama instruktur.

Kalau lagi males setting DVD player, Bubun biasanya ngulang gerakan senam hamil dari RS Tambak. Hampir seluruh gerakan yang instrukturnya Bidan Desi, Bubun hapal.

Pssst… baru ikut 2 kali kelas di RS Tambak aja, Bubun jadi satu-satunya peserta yang kata Bubid-nya nggak usah dibenerin dan diliatin lagi posisi latihan mengejannya, karena udah bener ^^ ). Bahkan di kelas terakhir Bubun di sini, Bubun adalah satu-satunya peserta yang ngejawab semua pertanyaan dari Bidan yang jadi instruktur. Semua pertanyaan lho… eh, sampe suka nggak sengaja ikut nimpalin penjelasan si Bubid. Gengges yah? Peserta yang lain cuma bisa memandang nanar, kesannya Bubun udah lahiran berapa kali gitu. Canggih dah! Padahal sih, itu karena udah hapal luar kepala semua tentang urutan persiapan menjelang dan pada waktu lahiran. Namanya calon emak rabid ya… apa-apa mesti disiapin maksimal. Demi kamu De, buah hati Bubun tercinta, persiapannya harus semaksimal mungkin. Mudah-mudahan persalinan nanti lancar dan sesuai harapan ya De. Aamiin…


25 Comments on “Prenatal Yoga + Senam hamil + Pilates + Hypnobirthing = FIT”

  1. […] iya, selain agenda bersih-bersih di atas, Bubun juga tetap menjaga jadwal senam, pilates dan yoga. Meskipun itu hanya dilakukan di rumah. I don’t want to jinx it. Tapi mungkin itu yang […]

  2. daf says:

    Klo yoga untuk promil ada gak? Dimana ya bun?

  3. aji says:

    i’m a father to be, and this article help me…a lot
    makasih bu atas infonya, istri saya juga sedang hamil 28 minggu…dan info yoga dan senam hamil ini sangat membantu kami

    • citralwi says:

      Hai mas. Sama-sama ya.
      Semoga lancar kehamilan dan sehat-sehat terus bayi dan ibunya ya…
      Didukung penuh istrinya ya mas. Dukungan suami itu nomor satu bagi istri. Apalagi pada masa-masa post partum. Dalam waktu dekat aku share, nanti kalau ada waktu dibaca ya mas.

  4. aji says:

    Post partum? Apakah itu sama dengan yg disebut org “baby blues”?
    Oke, will read it

    Anyway, kmrn ajak istriku ke RSIA Tambak utk liat tempatnya dan tanya2 langsung (krn bbrp kali coba telp, susah). Hasilnya, ibunya kakak gk mau survey tempat lain😀

    Thx again mbak

    • citralwi says:

      Post partum depression itu lebih jauh dari baby blues. Biasanya baby blues yang nggak terobati, akan lanjut ke post partum depressin. Sukses ya.. semoga dimudahkan! aamiin!

  5. bsgcantik says:

    salm kenal sis
    klo untuk ikut senam yoga brapa ya biaya administrasinya dan apakah ada baju senam yoga khusus ibu hamil?
    Trims infonya gan…………

  6. cintaaerobik says:

    malam sis….
    untuk senam yoga yg dilakukan oleh ibu hamil ini apakah juga dapat mempengaruhi perkembangan si ajanin dan klo untuk baju senam yg bagus buat ibu hamil itu yg seperti apaya?
    Trims infonya

  7. Niedhanie says:

    Bun, mau tanya dong, aku kok coba telpon ke Jakarta Doyoga ga bisa ya? Pengen prenatal disana. Kemarin kontaknya kemana ya? Atau langsung datengin aja? Kebetulan kantorku deket sih di kebon sirih.

    • citralwi says:

      Nelponnya ke sini bukan –> 021 3100071 atau 0888 8967392 ?
      Biasanya yang nomor HP lebih sering diangkat. Terakhir aku nelpon ke sana sekitar 1 – 2 bulan lalu, sebelum beli mat yoga. Coba ditelpon ke nomor HP itu ya (0888 …)

      • Niedhanie says:

        Iya kemarin akhirnya berhasil bun, tapi mau ditanya dulu untuk jadwal hari senin karena sabtu ini mereka libur. Thanks ya bun infonya🙂

  8. Icha says:

    Hi mbak Citra..

    Salam kenal, saya Icha. Setelah blogwalking pagi-pagi buta gara-gara insomnia, saya baru nyadar: Your face and name are strikingly familiar! Saya ingat punya teman/pernah kenal seseorang yang namanya Citra Handayani, a girl with shoulder-long straight hair and beautiful eyes. I remember that she’s very passionate when she’s talking, sometimes with funny expressions. Tapi, saking lamanya tak bersua, I cannot place her (or you) when and where we’ve met exactly. Hehehee.. Seingat saya sih waktu masih berseragam putih abu-abu.
    Apakah mbak pernah domisili di Makassar? Saya sih besar dan tinggal di Maros (sekitar 30 km dari Makassar) tapi punya banyak teman dari sekolah-sekolah di Makassar karena ikut kursus LIA English Course di Panakkukang, bimbel di JILC dan ikut seleksi pertukaran pelajar yang diadain AFS-Bina AntarBudaya Makassar. So, I assume maybe we’ve met in one of those occasions. Am I right?

    If you do remember when and where, please let me know.🙂

    Anyway, blognya bagus sekali! Cerita-cerita kehamilannya pas banget buat menghibur bumil-bumil yang lagi galau (kayak saya tentunya). Hehehehee..

    • citralwi says:

      Haii Icha!!!

      Yes, yes, yes! Saya dulu pernah sekolah di Makassar.
      Kayaknyaaaa ingat deh sama Icha. Kita ketemu waktu seleksi AFS yang ke Jepang. Weren’t you the smiley girl who wears veil?
      Saya juga dulu ikut bimbel JILC sih. Tapi kayaknya kamu icha yang icha itu deh. Hihi. Kita bahkan pernah foto bareng kalo nggak salah ;))

      Kecil kemungkinan salah deh, considering you describe me as ‘the girl who loved to talk’. Yeah, i tend to be chatty to close friends or people i like a lot😀

      Anyway, makasih udah mampir ke sini ya cha. Senengggg bangeeet! your comment really makes my day. Selamat ya udah mau jadi Ibu. Semoga kehamilannya lancar, membahagiakan, kamu dan si baby sehat-sehat terus terus… aamiin…

      • Icha says:

        Ya ampuuuun.. Senangnyaaa! Ketidaksengajaan yang menyenangkaaan!! Udah terkagum-kagum, eh ngga nyangka ternyata saya kenal ama yang punya blog. Mudah2an habis ini bisa keep in touch.🙂

        Aamiin..aamiin..aamiin YRA. Makasih doanya. Salam kenal buat ayahnya Bumi dan dede Bumi yaa!

  9. lala says:

    wah, informatif sekali bun! Makasih sharingnya yaaa… *langsung bookmark jd fave page* hehehe

  10. […] harap bisa Bubun lakuin untuk Langit selama dalam kandungan, belum bisa terwujud. Seperti nerapin metode hypnobirthing dan rutin yoga prenatal. Eh apa gara-gara nggak menerapkan hal-hal yang sebelumnya Bubun terapin ke Bumi, lantas kehamilan […]

  11. […] napas panjang yang diperoleh dari sesi yoga prenatal. Harusnya sih, bisa latihan sendiri pake CD yang dulu Bubun beli itu. Tapi kok sekarang bawaannya males banget. Apalagi kalau di rumah, bawaannya sesak napas […]

  12. […] Kebetulan hari itu, hari Sabtu. Artinya instruktur yoganya Miss Zilvy, yang mana Bubun inget banget, fokus ke strength dan gila-gilaan gerakannya bikin keringat seember. […]

  13. jaelani rahmat says:

    salam kenal sista🙂
    utk hsilny sndiri yg telah sista alami itu apa aja yah ?? soalnya istri lgi hamil ni 1 bulan
    n apkh perlu baju senam khusus utk senam hamil ini yah sista
    mkasih sista dtunggu infonya🙂

  14. […] Prenatal yoga + senam hamil + pilates + hypnobirthing […]

  15. christy says:

    halo salam kenal,

    aku lagi hamil 12 minggu tapi sejak usia kandungan 10 mggu sudah aktif ikut prenatal yoga class dan gym lagi (bukan angkat berat, tp do exercise yg ringan aja). Dokterku di US memang menyarankan aku tetap olahraga sejak pertemuan pertama di 6 minggu. Ini yang menurutku membedakan obgyn indo dan us, menurutku yg di indo parnoan jadi ada kecenderungan org hamil di indo itu jd bengkak. Teman2ku di prenatal yoga class di us sini macam2 ada yang baru trimester 1,2 dan 3 and all of them look very athletic, hanya perut yg besar tapi tangan, kaki dan muka kencang semuanya. Kalau dari hasil pembicaraanku dgn tmn yg di Indo, sepertinya banyak org hamil yg juga kurang komunikasi sm dokter spt kalau kehamilan dalam kondisi normal (cervix, rahim, dan hasil tes normal) dan dokter melarang kita untuk exercise perlu tau alasan yang masuk akal dari segi kedokteran dan kesehatan apa, karena kalau baca buku2 kehamilan dokter bule, mereka malah menyarankan untuk olahraga dari trimester 1. Sekian sharing dariku, semoga semua sehat2 yaaa dalam menjalani kehamilannya🙂

    • CHN says:

      Hai Christy, setuju… kayaknya banyak dari ibu hamil, utamanya yang baru pertama kali hamil, yang takut berolahraga karena khawatir dengan janinnya. Padahal dengan olahraga (yang sesuai kondisi tentunya), janin bisa lebih kuat dan proses lahiran lebih lancar.

      Aku udah lebih dari 1,5 tahun lalu lahiran. But anyway, terima kasih sharing lengkapnya ya…🙂

  16. ndu.t.yke says:

    Hihi sukak deh mbak baca ceritanya🙂 makasih ya reviewnya. Moga2 bs mulao senam hamil di RSIA Tambak mulai minggu ini. Trs mo lbh sering ajak my little one ngobrol juga….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s