Bumi grows so fast!

and so does Langit…

Lullaby for you

Ada kebiasaan baru sebelum Bubun tidur di malam hari. Sejak menginjak usia kandungan trimester kedua, Bubun selalu ngajak Ade ngobrol, relaksasi dan afirmasi, bacain Ade ayat-ayat Al-Qur’an dan cerita anak-anak yang ada di buku ini:


Buku tersebut Bubun pinjam dari perpustakaan kantor. Isinya penggalan-penggalan cerita dari buku atau kisah yang ditulis oleh pengarang terkenal dan umumnya mencapai best seller, seperti:

  • Diggers oleh Terry Pratchett
  • Charlie and The Chocolate Factory oleh Roald Dahl
  • Charlotte’s Web oleh E.B White
  • The Lion, The Witch and The Wardrobe oleh C.S lewis
  • The Hobbit oleh J.R.R Tolkien
  • Double Act oleh Jacqueline Wilson
  • The Mennyms oleh Sylvia Waugh
  • Flour Babies oleh Anne Fine

Sama seperti kalau dibacain ayat-ayat suci, tiap dibacain kisah-kisah di atas, Ade selalu gerak aktif. Mungkin seneng karena Bubun berusaha bacainnya pake  intonasi dan penuh penghayatan. Nggak sulit sih, soalnya Bubun kan cinta banget dengan buku, udah bisa baca sejak usia 4 tahun dan setelah itu nggak bisa kalau sehari saja nggak baca. Harapannya sih, Ade bakal seperti Bubun yang doyan baca. Jadi, bisa tahu dan kenal banyak hal menyenangkan yang ada di dunia. Pssst.. seringkali Bubun juga jadi ensiklopedia berjalan dan ekspress buat Ayah ^^

Nggak mau kalah dengan Bubun, Ayah pun jadi rajin bacain Ade buku favoritnya ini:

Beda 180 derajat dengan Bubun, Ayah itu nggak suka banget baca buku. Lebih tepatnya, nggak tahan baca. Buku karya Michael Hart yang fenomenal dan sengaja Bubun pinjamin dari Perpustakaan kantor ini adalah satu-satunya bacaan yang bisa dilahap ayah lebih dari 20 halaman😀 . Itu merupakan usaha Bubun yang kesekian agar Ayah bisa menuntaskan satu buku. Setelah bertahun-tahun nyoba ngasih buku ringan dan bergambar, ternyata baru ketahuan kalau Ayah sukanya biografi tokoh-tokoh hebat. Clue-nya, kalau nonton kisah orang-orang terkenal di TV, Ayah bisa kayak tuli mendadak. Fokus dan nggak sadar dengan kondisi sekitar.

Meskipun butuh waktu lebih dari setengah tahun, Ayah akhirnya pelan-pelan bisa ngabisin ratusan halaman dari 500 lebih total halaman buku itu. Dengan bacain Ade tiap malam, Ayah jadi bisa sekalian nuntasin kisah seluruh tokoh. Apa tuh kata orang..? Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui.

Bagi Ayah dan Bubun, bacain buku-buku dan nyanyiin lagu buat Ade (Kalau udah ngantuk banget dan nggak sanggup baca lagi, Ayah dan Bubun nyanyiin lagu-lagu anak-anak; yang liriknya suka salah, buat Ade. Kadang-kadang sampai jatuh ketiduran ^^) adalah salah satu bentuk komunikasi dengan Ade dan memancing Ade untuk gerak. Juga sekaligus untuk membentuk ikatan dengan Ade. Insya Allah ya Ade sayang… Ntar kalau Ade udah lahir, Ayah dan Bubun bakal terus bacain buku untuk Ade sebelum tidur. Ada banyak sekali cerita yang ingin kami bagi De…



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s