Bumi grows so fast!

and so does Langit…

Ramadhan telah tiba

Alhamdulillah, ketemu lagi dengan bulan Ramadhan. Ini sudah kedua kalinya, Bubun melewatinya bersama Ayah. Tahun lalu kita cuma berdua aja. Lagi seneng-senengnya akhirnya bisa menjalankan ibadah puasa bersama sebagai pasangan suami istri. Tahun ini, kebahagiaan Ayah dan Bubun bertambah. Karena sekarang bulan Ramadhan bertiga, udah ada Ade Bumbum di perut Bubun. :’)

Tahun ini, ada perbedaan di kalangan umat muslim dalam hal hari pertama puasa. Ayah memilih berpuasa sejak hari Jum’at tanggal 20 Juli 2012. Sementara pemerintah menetapkan tanggal 1 Ramadhan pada hari Sabtu tanggal 21 Juli 2012. Sayangnya, Bubun dan Ayah telat bangun pada dini hari jum’at itu. Meskipun nggak sahur, Ayah tetap memutuskan untuk berpuasa. Sementara Bubun, sesuai arahan dr. Yusfa, memilih tidak berpuasa. Niatnya sih, Bubun puasa mulai Sabtu. Syukurlah, bisa sahur bareng Ayah.

Tapi, menjalang siang, hal yang tidak diharapkan pun terjadi. Setelah beberapa jam lemas dan cuma bisa berbaring pasrah di tempat tidur, akhirnya cairan lambung Bubun pun naik sampai ke mulut, yang mana itu bisa dikategorikan sebagai muntah (eh, iya nggak sih?). Alhasil, tepat pukul 14.30, Bubun pun membatalkan puasa.

Besoknya hari minggu, Bubun pun kembali mencoba untuk berpuasa. Tapi kali ini cuma bertahan sampai jam 11 pagi. Ya, apa mau dikata. Rupanya upaya kemarin berimbas cukup lama ke Bubun. Sampai Senin pagi, rasa mual itu masih terus ada. Jadinya, Bubun terpaksa izin nggak masuk kantor dan seharian beristirahat di rumah. Kali itu nggak puasa lagi. Sampai hari ini pun, Bubun udah nggak pernah puasa lagi.

Kenapa sih, Bubun ngotot nyobain puasa? Kata Ayah berkali-kali.

Nggak kenapa-kenapa sih. Cuma ingin ngajarin Ade berpuasa sejak dini. Toh, insya Allah gizi Ade tetap akan terpenuhi karena puasanya cuma 12 jam saja. Tapi, sepertinya kondisi Bubun saat ini belum memungkinkan. Mudah-mudahan ada kesempatan di lain waktu ya De. Aamiin!



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s