Bumi grows so fast!

and so does Langit…

Hypnobirthing, hadiah untuk Ade

Dari awal kehamilan, Bubun sudah berencana untuk mengikuti kelas Hypnobirthing. Kenapa? Ini semua berawal dari ketertarikan Bubun terhadap konsep gentlebirth yang di dalamnya mendorong para Ibu Hamil untuk tenang, relaks, dan sehat tidak hanya lahir tapi juga batin. Hal tersebut bisa diperoleh salah satunya dengan pendekatan Hypnobirthing. Apalagi menurut pengalaman beberapa Ibu yang pernah menjalankan teknik ini, rasa sakit selama persalinan berkurang signifikan bahwa ada juga yang tidak merasakan sakit sama sekali.

Awalnya, Bubun ingin mengkombinasikan kelas hypnobirthing ini dengan kelas Self-healing dari Reza Gunawan, yang istrinya Dewi Lestari menjalani proses kehamilan sampai kelahiran secara gentle. Sehingga Bubun bisa seutuhnya menjalani proses kehamilan dan persalinan yang lembut dan tenang. Mengingat Bubun pada dasarnya lemah secara mental, gampang panik dan trauma. Tapi karena biaya kedua kelas itu lumayan, Bubun terpaksa harus memilih. Ternyata berjodohnya dengan kelas Hypnobirthing Bu Lanny Kuswandi.

Bicara soal jodoh, sebenarnya Bubun sudah merencanakan untuk mengikuti kelas Hypnobirthing ini sedari trimester pertama. Bubun juga udah beli buku karya Evarinny ini buat pengantar ikut kelas tersebut:

Tapi entah mengapa, selalu saja ada satu dan lain hal yang menghalangi. Puncuk dicinta, ulam pun tiba. Mungkin udah rejekinya Ade ya… di trimester kedua, Bubun ditawari oleh salah satu teman sekantor voucher kelas Hypnobirthing Bu Lanny senilai Rp. 200.000:

Alhamdulillah! Vouchernya berlaku sampai Juli 2012. Tapi sampai di Bulan Juni, Ayah sibuk banget dengan segala aktivitasnya. Mulai dari kerjaan sampai ekstrakulikuler olahraga-nya yang berujung pada Petro Cup 2012. Sementara kelas ini dirancang khusus untuk pasangan Suami Istri. Kalaupun suami berhalangan hadir, bisa diwakili oleh orang tua (calon kakek/nenek) atau pendamping lainnya. Tapi kan.. Ayah dan Bubun nggak punya keluarga di Jakarta. Jadi, Bubun nggak punya pilihan lain selain merajuk ke Ayah biar bisa ikutan kelas ini.

Oh iya, Petro Cup ini adalah kejuaraan olahraga tahunan yang diadakan oleh BP Migas dan diikuti oleh seluruh Oil and Gas Company di Indonesia. Karena Ayah itu ketua Sport Club di kantor, dia merasa sangat bertanggungjawab untuk membawa perusahaan tempatnya bekerja, membawa pulang gelar juara di satu atau dua cabang. Kalau bisa sih semuanya juara. Hihi. Olahraga yang dipertandingkan macem-macem. Mulai dari tenis, basket, futsal, catur, sampai bowling. Bahkan ada juga satu cabang non olahraga yang dipertandingkan, yaitu Petro Idol alias Lomba Nyanyi! Bisa ditebak kan, meskipun Ayah ikut hampir semua cabang, tapi hati dan jiwanya adalah untuk Tim Futsal.

Petro Cup 2012 ini berlangsung dari pertengahan Juni sampai pertengahan Juli 2012. Biasanya pertandingan diadain setiap weekend. Di pertengahan Juni tersebut, tiba-tiba ada pengumuman bahwa kelas Weekend Hypnobirthing akan diadain tanggal 7 – 8 Juli 2012. Sementara final pertandingan Futsal Petro Cup 2012 dijadwalkan pada saat yang sama. Jadi, Ayah yang berharap keajaiban masuk final, confirm nggak bisa ikutan kelas tersebut. Yaah.. padahal ya De, kelas Weekend Hypnobirthing itu nggak punya jadwal rutin setiap bulan. Sementara vouchernya kan cuma sampe Juli tuh. Bener-bener dilema. Sampai-sampai.. Bubun berharap tim Futsal Ayah lolos sampai Semifinal aja. Hal yang mana Bubun sesali juga, karena ketika perjalanan tim Futsal Ayah berakhir di babak 16 besar, Ayah galau luar biasa bikin Bubun ikut-ikutan stress. Mana belakangan juga jadwal final berubah menjadi tanggal 14 – 15 Juli.

Ketika Ayah dipastikan bisa ikutan kelas Weekend Hypnobirthing tanggal 7 – 8 Juli, eh… pendaftarannya ditutup karena kuota jumlah peserta udah cukup. Emang banyak banget peminatnya. Tapi emang jodoh nggak lari ke mana De. Mungkin karena peminat yang membludak, dibukalah kelas berikutnya di tanggal 14 – 15 Juli (bertepatan dengan final pertandingan Futsal Petro Cup 2012 juga akhirnya). Berbeda dengan kelas di tanggal 7 – 8 Juli yang diadain di Pro-V Clinic Permata Hijau, kelas kali ini diselenggarakan di RSIA Bunda Menteng, yang mana cuma 5 – 10 menit dari rumah. Asyik!!!

Akhirnya, Bubun dan Ayah pun mengikuti kelas selama 2 hari tersebut. Buat Bubun, ini semacam ‘pengulangan’ dari materi yang pernah dibaca sebelumnya plus beberapa tambahan informasi penting lainnya. Selain itu, sejak trimester pertama, Bubun juga sudah rutin mempraktekkan teknik relaksasi otot, wajah, napas dan pikiran serta afirmasi positif dengan panduan CD hypnobirthing Bu Lanny yang ada dalam buku Evarinny  di atas. Yang bikin kelas ini berharga buat Bubun lebih karena praktek-praktek teknik relaksasi dan latihan lainnya untuk memudahkan persalinan kelak, yaitu:

  • Kegiatan ideomotor
  • Afirmasi Positif
  • Komunikasi dengan janin
  • Latihan Kegel
  • Pijat Endorfin

Dua jenis latihan terakhir, dilakukan Ibu hamil bersama suami atau pendamping.

Di hari kedua, ada juga sharing tentang Hypnobreastfeeding dari Mbak Fonda Kuswandi, anak dari Ibu Lanny, yang merupakan konselor laktasi dari Aimi-ASI. Sesi mengenai ASI ini, Bubun rasa perlu untuk didalami di kelas/seminar lainnya. Mudah-mudahan minggu ini bisa kesampaian.

Pada kelas weekend hypnobirthing dan hypnobreastfeeding ini, Ayah dan Bubun mendapatkan goodie bag ini:

Isinya lumayan lengkap:

  • Modul pelatihan
  • Buku Keajaiban Hypno-Birthing oleh Lanny Kuswandi
  • CD panduan Hypnobirthing (satu paket bersama buku) –> Nggak kefoto soalnya lagi dibawa Ayah untuk dimasukin i-tunes
  • CD panduan Hypnobreastfeeding –> idem dengan CD panduan Hypnobirthing
  • 2 buah pendulum
  • Bedak Zwitsal
  • 1 buah pulpen

Pada akhirnya bagi Bubun, kelas Hypnobirthing ini tidak semata-mata demi keegoisan Bubun yang takut menghadapi rasa sakit dalam proses persalinan. Tapi lebih dari itu, ini adalah persembahan buat Ade yang Bubun cintai sampai ke sel-sel terkecil dalam tubuh Bubun. Agar Ade bisa nyaman, tenang, sehat lahir dan batin dari awal pembuahan sampai saat kita bertemu kelak.. juga sesudahnya. Aamiin.


6 Comments on “Hypnobirthing, hadiah untuk Ade”

  1. […] grow so fast! ← Baby Crib (dan hal-hal yang terkait lainnya), lanjutan… Hypnobirthing, hadiah untuk Ade […]

  2. […] sempat check-up di dr. Nana kemaren, akhirnya sabtu tanggal 14 Juli 2012 lalu, sepulang dari kelas hypnobirthing Bu Lanny, Ayah dan Bubun kembali ke dr. Yusfa untuk check-up rutin. Tapi, Bubun curiga kali itu kita nggak […]

  3. […] c. Relaksasi, Afirmasi dan Visualisasi dengan teknik Hypnobirthing […]

  4. […] lagi. Soalnya harganya lumayan mahal (waktu itu, Bubun belum dikasih voucher potongan harga kelas hypnobirthing sama teman kantor). Picture’s taken from […]

  5. ferli says:

    bubun, mau tanya dunk. dulu ikut kelas hypnotbirthing a dimana? biaya berapa? kalau udah 38 Week masih bisa ikut nga? deg2an nich menunggu2 dede kapan keluar. Rencananya mau lahir normal. tapi dokter sampai sekrang suggest untuk caesar karena menurutnya panggul saya kecil.
    sangat berharap infonya>

    • citralwi says:

      Hai mbak Ferli,
      Hypnobirthing sama Bu Lanny di RS. Bunda Jakarta. Biayanya 1 juta. Tapi kalo book lbh awal, jadi 900.000. Nah, aku dpt voucher jadi bayarnya lbh murah lagi.
      Oh, udah cek panggul ya mbak? dari info2 yang aku baca sih, emang kayaknya kalo udah cek ukuran panggul, lalu hasilnya lebih kecil dr kepala bayi, emang jadi indikasi buat SC.
      Menurutku, Hypnobirthing bukan soal lahiran normal atau SC, tapi lebih ke upaya utk mendapatkan kehamilan yg sehat dan persalinan yang aman, tenang dan menyenangkan. Supaya hasilnya maksimal, baiknya dilakukan sejak trimester pertama. Tapi kalau udah trimester ketiga, masih bisa sih menurutku. Soalnya metodenya adalah kita melatih pikiran supaya bisa mensugesti diri. HTH ya mbak ferli..🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s