Bumi grows so fast!

and so does Langit…

Pertanda

Sebelum hamil, yang namanya mual itu udah seringkali Bubun alamin. Gara-garanya Bubun dari SMP kena gejala maag (Mudah-mudahan Ade nanti nggak begitu ya…) Jadi, nggak berlebihan kan ya, kalau Bubun ngerasa kemungkinan besar Bubun bakal ngalamin yang namanya morning sickness setelah hamil. Kalau denger-denger cerita temen-temen Bubun, rasa mual dan muntah bakal dialamin di trimester pertama sampai awal trimester kedua, umumnya di pagi hari. Ada juga sih yang ngalaminnya di malam hari.

Kabar baik, Bubun nggak ngalamin morning atau night sickness.

Well… ada kabar buruk juga sih: Bubun ngalamin All-day-long-sickness!đŸ˜€

Dimulai di minggu kelima, Bubun mulai ngerasa mual sejak bangun pagi. Ketika mandi pagi, sebelum ngantor kadang-kadang Bubun muntah. Tapi belum ngeluarin isi perut. Setidaknya untuk seminggu awal itu. Rasa mual itu memuncak di siang hari. Apalagi setelah makan siang (yang porsinya menurun drastis karena hilang selera dan mual terus menerus). Bubun serasa kleyengan. Padahal Bubun juga harus sering bolak-balik WC karena sering buang air kecil alias beseran sejak hamil. Alhasil, pulang kantor Bubun sering merasa keletihan, nggak masak untuk makan malam.

Selama Februari – April itu, Bubun sekali dua kali terpaksa izin dari kantor. Konsekuensinya Bubun nggak dapat full-salary. Iya dong ya… Bubun kan abdi masyarakat. Jadi, izin sakit, telat atau pulang lebih awal potong gaji.

Jujur, Bubun suka ngerasa overwhelmed. Tapi nggak mengurangi kebahagiaan yang Bubun rasain atas kedatangan Ade. Dukungan Ayah juga orang-orang di sekitar Bubun juga sangat membantu Bubun melalui hari-hari itu. Kalau kata temen Bubun, rasa mual itu merupakan pertanda bahwa Ade ada di sana. Bahwa Bubun beneran hamil (seolah-olah perut Bubun yang buncit sejak sebelum hamil itu nggak cukup membuat Bubun ngerasa hamil. Hihihihi). Kalau Ayah sih percaya, mual itu bukti bahwa Ade tumbuh berkembang di dalam perut Bubun.

Dari pengalaman temen-temen Bubun yang ngerasain (soalnya ada juga yang selama hamil nggak ngerasa mual sama sekali, seperti Mamanya Bubun alias Neneknya Ade waktu mengandung Bubun dan adik-adik Bubun lainnya), rasa mual itu akan hilang pada minggu ke 16 -17 atau sekitar 4,5 bulan kehamilan. Secara teori, itu bisa terjadi karena peningkatan kadar hormon Beta HCG dalam darah pada trimester pertama kehamilan. Keluhan mual itu biasanya mulai menghilang pada usia kehamilan 16 minggu karena pada usia ini fungsi hormon beta HCG sudah digantikan oleh terbentuknya plasenta janin. Meskipun ada juga Ibu hamil yang mengalaminya samapi 9 bulan. Ya… mudah-mudahan Bubun nggak sampai selama itu ya De. Jadi, bisa fokus ke hypnobirthing, senam, yoga ataupun persiapan lainnya.

Eh, tapi Bubun cerita gini bukan buat bikin Ade ngerasa bersalah ya De… Tapi semata-mata mau ceritain pengalaman Bubun yang seperti naik rollercoaster. Ya, mungkin karena seumur-umur Bubun nggak pernah naik wahana itu dan insya Allah nggak akan pernah… Jadi, Bubun dikasih pengalaman ini sama Yang Kuasa. Biar hidup Bubun lebih berwarna dan membuat kedatangan Ade makin seru dengan semua kisah ini.



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s